Warga Panggul Trenggalek Gelar Halbil Diiringi Kesenian Jaranan

Trenggalek – Ratusan warga tumplek blek menyaksikan gelaran kesenian daerah Jaranan, malam ini (4/5/22) di halaman kecamatan panggul, Trenggalek sebagai acara rutin pentas seni warga dan sebagai ajang halal bihalal.

Kesenian Jaranan adalah kesenian asli warga panggul Trenggalek yang pementasannya rutin digelar setiap bulan dengan penampil yang berbeda dari setiap desa dan ditampilkan berpindah tempatnya.

“Gelaran Jaranan malam ini sengaja kami pentaskan sebagai ajang halal bihalal warga kecamatan panggul”, ujar Didit Suprayitno, kordinator acara.

“Dengan menggelar kembali pentas kesenian asli daerah, juga bisa menggeliatkan ekonomi warga yang sempat lesu saat pandemi”, tambahnya.

Kesenian asli warga panggul ini telah ada sejak lama dan turun temurun dipentaskan hingga sekarang. Bahkan telah ada lebih dari 20 kelompok jaranan hingga kini. Pementasannya juga rutin setiap bulan ditiap desa dengan kelompok penampil yang berbeda juga.

“Sangat senang sekali dengan adanya acara seperti ini, selain ramai juga membuat dagangan makanan dan  minuman saya laku keras” , kata Malik Irawan, salah satu warga yang juga berjualan diarea depan pujasera kecamatan panggul.

Sementara itu warga lainnya mengatakan, “Semakin sering diadakan jaranan malah bisa membuat suasana desa ramai dan menyenangkan”, ujar Turini.

Selain mengadakan secara swadaya, acara ini juga mendapat dukungan pemerintahan desa atau kepala desa dan dari pihak kecamatan.

“Nantinya acara akan digelar seperti sebelum pandemi yakni setiap bulan dengan berpindah lokasi disetiap desa”, pungkas Didit Suprayitno. (yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.