Museum Mpu Tantular Gelar Peragaan Warisan Budaya Tak Benda

Kepala Dinas Kebidayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto SKar MM (dua dari kiri) sesaat seusai memberikan sambutan di Museum Tantular (24/3/2022)

Sidoarjo – Sebagai wujud keberadaan museum yang berfungsi menyimpan, merawat dan mengkoleksi benda-benda warisan budaya maka pada 24/3/2022 museum mengadakan peragaan atau pagelaran warisan budaya tak benda.

Dalam kesempatan kali ini museum memperagakan warisan budaya tak benda yang ditampilkan yakni berupa tari Gandrung Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut museum menghadirkan para penari dari daerah asal yakni Banyuwangi beserta para seniman yang membidangi tarian ini untuk bercerita dan memperagakan tarian Gandrung kepada masyarakat agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Sinarto Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim mengatakan, generasi era saat ini harus banyak berterimakasih kepada para pendahulu yang dengan karya-karyanya saat ini dapat dinikmati oleh kita semua khususnya bangsa Indonesia.

Seperti tari Gandrung yang saat ini dipamerkan atau diperagakan di museum Mpu Tantular. Kesenian tersebut adalah merupakan warisan dari generasi terdahulu yang merupakan kebanggaan bagi semuanya, utamanya rakyat Jawa Timur.

Karena itu pihaknya berharap generasi sekarang mencintai dan dapat melestarikannya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.