Mpu Tantular Dorong Kab.Magetan Untuk Segera Miliki Museum

Sejarah merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya bagi bangsa. Bahkan presiden pertama Indonesia, Soekarno mengatakan “ jangan sekali-kali melupakan sejarah” atau yang lebih dikenal dengan “Jasmerah”.

Keberadaan sejarah tesebut dapat dilihat melalui peninggalan-peninggalan yang ada. Seperti di museum Mpu Tantular Sidoarjo. Meseum yang penataannya di dasarkan pada periodesasi yang dikelompokkan dalam beberapa zona yaitu Zona Jaman Purba, Zona Peninggalan Hindu – Budha, Zona Jaman Islam, Zona Jaman Kolonial, Zona Teknologi Modern dan Peraga IPTEK dan Zona Koleksi Kesenian ini memiliki tidak kurang dari 15 ribu koleksi. Berbagai koleksi ini dapat mengispirasi pengunjungnya yang memiliki ketertarikan pada dunia museum dan sejarah.

Karena itu, untuk membangkitkan semangat dan memori masyarakat, Museum Mpu Tantular mengadakan publikasi dan Promosi pada (19/5) di Gedung KORPRI Magetan guna menjaring masyarakat untuk berkujung ke museum yang telah beralih ke Sidoarjo sejak 14 Mei 2004 yang sebelumnya berada di Jl. Taman Mayangkara Surabaya ini.

Kini museum yang berada di jalan raya Buduran Sidoarjo itu tidak saja penuh dengan koleksi melainkan juga telah memiliki sarana bermain atau out bound kecil bagi pelajar yang berkunjung ke museum tersebut.

Sementara itu, dalam kesemapatan publikasi dan promosi di Kab. Magetan tersebut Himawan salah seorang pembicara mengatakan, sebenarnya Kabupaten Magetan juga telah memiliki potensi untuk didirikannya sebuah museum. “ Apalagi lokasi dan gedungnya juga sudah siap,” kata Himawan. Karena itu Himawan, berharap agar p[emerintah daerah setempat segera merealisasikan didirikannya sebuah museum bagi kabupaten tersebut.

Kepala UPT Museum Mpu Tantular Drs. Edi Iriyanto, MM mengatakan, dalam kesempatan tersebut pihaknya sangat bangga melihat antusiasme masyarakat yang hadir mengikuti acara perkenalan dengan museum Mpu Tantular itu. Karena itu ia berharap agar perkenalan tersebut tidak sampai disini saja melainkan hingga dapat berlanjut ke museum untuk melihat dengan seksama berbagai koleksi yang dimiliki.

“ Saya sangat bangga dan merasa terhormat dengan antusiasme masyarakat Magetan yang datang dalam rangka publiaksi dan promosi ini. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dan mudah-mudahan akan berlanjut berkunjung melihat dan meneliti dengan seksama berbagai koleksi dan peninggalan yang kami miliki,” ujar Edi. (her)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *