Data Base Modal Awal Kemajuan dan Keberhasilan Organisasi

Data merupakan pendukung yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Tak terkecuali di pemerintahan. Seperti yang dilakukan Drs. Ahmad Basuki, MSi Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Jatim.

Dalam kesempatan barunya sebagai Kepala Bidang UMKM di Diskop Jatim, Basuki akan konsern pada perbaikan data atau penguatan data base. Ini perlu dilakukan menurut Basuki menginggat salah satu tujuan dari bidang yang dipimpinnya adalah menciptakan wirausaha baru.

 

” Kami memang konsern untuk menciptakan wirausaha baru seperti kerjasama dengan beberapa kampus di Jawa Timur untuk menjadikan mahasiswa sebagai wirausaha baru yang sebelumnya telah kami berikan pelatihan-pelatihan. Dari situlah diperlukan kekuatan data yang akurat sehingga program dapat berjalan dengan baik”, terang Basuki saat ditemui di ruang kerjanya pekan lalu.

 

Seperti diketahui, Bidang UMKM adalah berorientasi kepada UKM sejak mereka belum mengenal apa-apa hingga bisa melakukan apa-apa dan berdaya. Seperti memberikan pelatihan-pelatihan baik kepada instansi ataupun masyarakat umum, memberikan bantuan permodalan, advokasi, pemasaran, dll.

 

” Tiap minggu kami melakukan pelatihan-pelatihan kepada siapapun yang ingin menjadi wirausaha atau belajar menjadi wirausaha yang sebelumnya harus daftar terlebih dahulu di klinik koperasi dan UMKM, gratis tanpa biaya apapun,” terangnya.

Untuk tahun ini, Bidang UMKM telah bekerjasama secara khusus dengan 26 perguruan tinggi swasta dan negeri yang ada di Jawa Timur untuk dibina menjadi wirausaha yang tangguh dan andal. (her)

One thought on “Data Base Modal Awal Kemajuan dan Keberhasilan Organisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *