MITF Angkat Tema ” Explore Tourism Village” Pada Event Ke-20 ini

Tampilkan Keanekaragaman Budaya dan Alam Berbasis Desa

 

Jawa Timur masih menjadi pusat perhatian di sektor pariwisatanya. Lebih-lebih di Jawa Timur ada icon yang telah mendunia yang menjadi daya tarik unggulan bagi setiap biro perjalanan untuk ditawarkan. Yaitu Gunung Bromo yang disetiap kesempatan menjadi jujugan bagi wisatawan.

Kini daya tarik itu tidak sekedar Bromo yang perlu ditawarkan melainkan ada 784 dtw (daerah tujuan wisata) lain yang juga tak kalah menarik. Karena itu tiap tahun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan satu evet pariwisata besar bertaraf internasional untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisata ke Jawa Timur melalui MTF atau kini berubah menjadi MITF.

Ajang Majapahit Internasional Travel Fair (MITF) kembali digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim bekerjasama dengan PT Debindo Mitratama yang bakal diselenggarakan pada 2-5 Mei 2019 mendatang. Namun dalam penyelenggaraan yang Ke-20 ini ada sedikit beda dimana yang dulu atau sebelumnya hanya memakai nama Majapahit Travel Fair kini ditambah sentuhan kata internasional menjadi Majapahit Internasional Travel Fair.

Hal itu nampaknya tidak berlebihan karena memang event Majapahit Travel Fair sudah lama diikuti banyak peserta dari luar negeri. Sehingga dalam event tahun ini ditegaskan menjadi Majapahit Internasional Travel Fair (MITF). Untuk penyelenggaraan tahun ini MITF mengambil tema” Explore Tourism Village” untuk menampilkan keanekaragaman budaya dan alam berbasis desa di Jawa Timur sebagai tujuan wisata.

MITF tahun ini juga memiliki banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya dimana di tahun ini banyak acara-acara yang bersifat atraktif. Seperti live cooking, live show bartender, raka raki cilik, dll. Dalam kesempatan ini juga masih tetap digelar adanya famtrip untuk buyer, travel exchange , cultural performance , pameran dan bursa pariwisata, mice forum, dll. Sedangkan untuk peserta bursa dan pameran diikuti oleh 186 peserta.

Dalam acara Travel Fair ini tentunya akan menampilkan produk, fasilitas, dan layanan berkualitas yang istimewa. Juga banyak tempat wisata seru yang ditawarkan dan bisa kamu kunjungi. Bahkan ada juga beberapa tempat wisata di Surabaya yang digunakan sebagai ajang edukasi.

Seperti Surabaya Zoo, Monumen Tugu Pahlawan, Museum Sepuluh Nopember, dan Monumen Kapal Selam atau yang lebih dikenal monkasel. Tapi jangan khawatir acara ini nantinya tetap dibuka secara gratis seperti tahun-tahun sebelumnya sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Seperti diketahui Jawa Timur memiliki prospek cerah dibidang pariwisatanya. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari kunjungan wisata yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dari data yang diperoleh melalui dinas terkait jumlah kunjungan wisatawan nusantara di tahun 2018 mencapai 70.217.182 orang, meningkat 6,99% dari tahun 2017 yang berjumlah 65.623.535 orang.

Sedangkan wisatawan mancanegara mencapai 837.358 orang atau meningkat 21,27% dari tahun 2017 yang mencapai 690.509 orang. (her)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *