Expo Koperasi dan UMKM

* Ajang Jaring Pasar Untuk Tingkatkan Produktifitas

Babak perhelatan koperasi dan UMKM telah dimulai.  Kali ini koperasi dan UMKM itu telah unjuk gigi dalam satu kegiatan Expo Koperasi dan UMKM yang dihelat di Grand City Surabaya hari ini (26/11) .

Dalam kegiatan yang telah dilakukan ke dua kali ini terdapat 186 Koperasi dan UMKM yang telah berunjuk keberadaan dengan mengelar berbagai produk mereka. Seperti produk hasil pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan, hasil makanan olahan dan minuman. Industri kerajinan, produk kreatif, dll.

Juga tidak ketinggalan produk pembiayaan bank dan non bank. Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang membuka acara tersebut mengatakan, peran serta masyarakat dalam membangun perekonomian sangatlah penting. Tanpan peran masyarakat, pemerintah tidak ada artinya.

Keberadaan koperasi dan UMKM sangat mendukung perekonomian kita. “Karena itu nasibku iki tergantung sampean. Kalau masyarakatnya berhasil berarti pemerintahannya ikut terangkat, ikut baik“, kata Gus Ipul yang disambut tepuk tangan hadirin.

Gus Ipul juga berpesan agar para pelaku usaha koperasi dan UMKM meningkatkan kualitas produknya lebih-lebih dalam memasuki MEA 2015 mendatang. Pihaknya juga berupaya untuk terus meningkatkan bantuan terhadap UMKM yang semakin besar dari tahun ke tahun. Bahkan ia mendengar kabar dari pemerintah pusat  bahwa segala pajak yang berkaitan dengan UMKM akan dihapuskan.

Sementara itu Kepala Bidang Usaha Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Mas Purnomo Hadi mengatakan, kegiatan ekspo kali ini dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan dagang para pelaku usaha koperasi dan UMKM agar pangsa pasar mereka lebih luas dan semakin dikenal.

“Dalam kesempatan ini kami telah menampilkan 12 usaha koperasi dan UMKM yang sudah masuk pasar eksport dan 50 yang telah siap eksport, serta lainnya yang memasuki pasar lokal. Harapan kami mudah-mudahan akan terjadi hubungan dagang yang berkesinambungan sehingga mereka dapat tumbuh berkembang dan juga menyusul untuk memasuki pasar eksport,” terang Purnomo Hadi. (luk)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *