Diskop, Konsisten Beri Pelatihan UMKM

* Gelar Pelatihan Ribbon Art dan IT Entrepreneur

Baru-baru ini Dinas Koperasi dan UMKM Jatim telah memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk mengerti dan memahami seni Ribbon Art (seni merajut pita). Seni ribbon art adalah seni membuat beberapa motiv daun dari pita, dengan cara membentuk menjadi daun bukan menyulam.

Seni ini diyakini memiliki daya jual tinggi ditengah masyarakat. Yang dihargai puluhan ribu bahkan bisa lebih bergantung besar kecilnya produk dan tingkat kesulitannya. Instruktur pelatihan, Dra. Trusti Dhiani, MSi mengatakan, seni ini kini memiliki tempat dihati masyarakat lantaran keaslian dan gaya kreasi (nilai seni) yang tinggi.

Itu karena teknik-teknik dalam mengerjakan kesenian ini sangatlah rumit dan memakan waktu. ” Pantas kalau harganya mahal,” ungkapnya dalam kesempatan disela pelatihan di Klinik Koperasi dan UMKM Diskop Jatim di Jl. Juanda Sidoarjo.

Dalam kesempatan belajar tersebut hadir sekitar 44 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Diantaranya adalah Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, Gresik dan Nganjuk. Mereka sangat antusian mengikuti tahap demi tahap pelatihan yang diberikan.

Sementra itu dalam kesempatan yang sama juga diberikan materi pembelajaran singkat mengenai IT (teknologi informasi) dengan tema membuat web dari wordpress dengan peserta yang berbeda.

Deny Indrayana Setiadi dari ITS sebagai instruktur mengatakan, sengaja diberikan materi sederhana ini guna dapat dimengerti dengan mudah mengenai pembuatan website karena dengan cara ini (wordpress) sangat mudah membuatnya.

“ Ini adalah cara paling simpel yang diberikan agar cepat dapat dikuasai oleh peserta. Tidak memerlukan proses yang rumit dan cepat bisa online,” ungkap Deny saat ditemui disela kegiatan pelatihan.

Meski baru pemula para peserta nampak tekun dan sungguh-sungguh mengikuti tahap demi tahap. Itu dilakukan karena mereka ingin bisa sebagai langkah mandiri membangun ekonomi keluarga.

Kepala Bidang UMKM Diskop Jatim, Ahmad Basuki melalui Kepala Seksi Pengembangan Informasi Bisnis Totok Sri Wasinto mengatakan harapannya adalah semakin banyak masyarakat yang mandiri sebagai usahawan semakin baik perekonomian suatu bangsa. ” Maka itu Dinas Koperasi selalu memberikan berbagai pelatihan untuk mencetak wirausahawan-wirausahawan baru agar mereka mampu berkarya dan memiliki usaha sendiri,” terang Totok. (her)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *