Cerdas Cermat Permuseuman, SMPN 3 Kota Malang Raih Juara Pertama

Museum, sebagai lembaga non profit yang dikelola oleh pemerintah memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa. Museum tidak saja sebagai tempat menyimpan benda-benda kuno melainkan memiliki fungsi yang lebih luas. Yakni seperti fungsi pendidikan. Untuk menjalankan fungsinya itu museum Mpu Tantular mengadakan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dan untuk kedua kalinya museum Mpu Tantular menggelar lomba cerdas cermat tingkat SMP Se-Jawa Timur. Dalam kegiatan yang kedua kalinya ini museum Tantular mengambil tema “Tentang Kebudayaan, Sejarah dan Permuseuman”.

Menurut Kepala UPT Museum Mpu Tantular Drs. Edi Irianto, MM mengatakan, dengan lomba kali ini para siswa diharapkan akan semakin kreatif dan cerdas dalam pola pikir dan tingkah lakunya.

Keluar sebagai juara pertama dalam lomba yang diikuti 28 kelompok/peserta kali ini adalah SMP Negeri 3 Kota Malang dengan nilai 1400, juara kedua diraih oleh SMPN 4 Kepanjen Kab. Malang dengan nilai 500, juara ketiga diraih oleh SMPN 1 Kab. Gresik dengan nilai 400 dengan memenangkan pertanyaan rebutan. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh SMPN 5 Kota Probolinggo, harapan 2 oleh SMPN 1 Kab. Lumajang dan harapan 3 oleh SMPN 2 Mojosari Mojokerto.

 

Daffa : Saya Sangat Senang dan Ndak Menyangka

Sontak pengumuman juara tersebut mendapat teriakan dari teman-teman sekolah mereka. Lomba yang dilangsungkan di ruang preparasi dan bimbingan edukasi ini menjadi riuh dan ramai dengan teriakan murid-murid yang beranjak dewasa itu. Daffa, salah seorang pemenang juara pertama mengatakan rasa syukurnya atas kemenangan di diraih kelompoknya. Menurutnya kemenangan yang dirainya adalah hal yang tidak disangka-sangka. Sekaligus menambatkan rasa senang bagi kelompaknya. “Saya merasa senang dengan kemenagan ini. Ini adalah hal yang ndak disangka. Saya sangat bersyukur”, kata siswa kelas 8 ini.

Dengan kemenangan ini dia beserta kelompaknya berhak atas hadiah uangĀ  senilai tiga setengah juta rupiah. Juara kedua mendapatkan uang senilai 2,5 juta rupiah, juara tiga berhak atas hadiah uang senilai 1,5 juta rupiah. Dengan kemenangan ini SMPN 3 Kota Malang akan mewakili Jawa Timur untuk maju ke babak selanjutnya (tingkat nasional) di Jakarta. (luk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *