Bupati R Abdul Latif Amin Resmikan Kebun Bang Jani : Wisata Edukasi, Inovasi Teknologi, dan Konservasi

Tiket Gratis

Bangkalan – Kebun Bang Jani atau Agro Eduwisata Resmi dibuka oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Senin (12/4/2021). Wisata yang menerapkan konsep pendidikan berbasis pertanian itu terletak di Desa Langkap, Burneh, Bangkalan.

Setelah Resmi dibuka, masyarakat bebas masuk ke wisata pertanian itu tanpa karcis. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Puguh Santoso mengungkapkan, untuk mematok tarif masuk, pihaknya masih harus berdiskusi dengan Badan Pendapatan Daerah, Inspektorat dan pihak lainnya.

“Meskipun kita butuh dasar dana operasional pengelolaan, kita harus ada dasar hukumnya untuk menarik retribusi itu,” terangnya usai peresmian.

Puguh Menambahkan, adanya wisata pertanian di Desa Langkap ini dapat bermanfaat bagi penduduk sekitar. Karena pihaknya memperbolehkan masyarakat untuk berjualan di samping kanan kiri lokasi.

“Nanti sistemnya satu kasir mas, pengunjung pesan ke kasir, kasir yang pesankan kepada para pedagang di luar lokasi wisata,” tambahnya.

Sementara untuk hasil panen buah dan sayur yang ada di kebun Bang Jani, Puguh mengatakan, akan di jual untuk umum.

“Hasil panennya kita akan jual ke masyarakat umum, dan pengunjung bisa petik sendiri nanti kita timbang sebelum keluar,” tutupnya.

Sekedar diketahui Agro Eduwisata ini merupakan kegiatan pertanian dengan mengembangkan kawasan pertanian yang berperan sebagai edukasi, inovasi teknologi, konservasi lingkungan dan juga kawasan wisata. Program ini juga bagian dari Taring Bang Jani yang sudah dikembangkan oleh Pemkab Bangkalan. (eko/igo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *