Ajak Masyarakat Mencintai Budaya, Museum Gelar Seminar Koleksi

Sidoarjo – Dalam rangka memperkenalkan dan menyebarluaskan koleksi yang ada di museum Mpu Tantular, baru-baru ini dilakukan seminar mengenai hasil kajian koleksi Surya Stamba yang ada di museum Mpu Tantular.

Dalam kesempatan Selasa, 28 September 2021 tersebut hadir diantaranya adalah Dr. Blasius Suprapto, MHum dari Universitas Negeri Malang via Zoom meeting, Dr. Endang Prasanti mantan Kepala Bidang Cagar Budaya Disbudpar Jatim dan Drs. Edi Iriyanto, MM sebagi Moderaor.

Maksud dan tujuan dari diadakannya seminar ini adalah menyebarluaskan informasi terbaru mengenai hasil kajian koleksi agar masyarakat semakin paham dan mencintai budayanya.

Adapun tujuan yang kedua adalah menginspirasi generasi muda akan nilai sejarah yang terkandung pada peninggalan yang ada di museum Mpu Tantular.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Sinarto SKar, MM yang berkesempatan hadir melalui sambungan zoom meeting mengatakan museum harus tetap berinovasi menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan cara apapun seperti yang dilakukan saat ini.

“Saya harap museum harus tetap berinovasi atau berkreasi dengan cara apapun khususnya masa pandemi ini agar tetap bisa memberikan informasi kepada masyarakat”, ungkapnya.

Selain itu menurut Sinarto, banyak makna yang terkandung dalam koleksi-koleksi pada masa lampau yang dapat menginspirasi generasi saat ini untuk memiliki pandangan ke depan yang lebih baik dari generasi masa lalu.

“Saya pikir dalam sebuah koleksi banyak mengandung makna-makna yang dapat menginspirasi generasi sekarang untuk memberikan pembelajaran atau inspirasi ke depan agar kehidupan kita saat ini lebih baik”, ujar Sinarto. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *