Air Terjun Nglirip, Salah Satu Destinasi Pilihan di Kabupaten Tuban

Kabupaten Tuban tidak hanya menawarkan wisata keindahan alam goa-goa saja. Di kabupaten ini, terdapat salah satu air terjun yang yang begitu indah. Yakni air terjun Ngilirip.
Untuk sampai ke sana, rute yang dilalui tidaklah butuh menguras tenaga ekstra karena tidak terlalu sulit mencapainya. Bila Anda dari pusat Kota Tuban, untuk menuju ke lokasi ini ikuti saja jalur pantura Tuban – Semarang. Kemudian ikuti penunjuk arah selanjutnya hingga ke Montong lalu Anda akan menemui penunjuk arah ke air terjun Nglirip yang berada disisi kiri jalan. Dengan letak lokasi yang tidak jauh dari jalan raya yang sudah beraspal sehingga untuk menuju lokasi tidaklah sulit. Untuk bisa sampai dilokasi wisata Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.
Senyum dan sapa ramah dari warga Desa Mulyoagung, kec. Singgahan, Tuban menyapa Anda saat berada di lokaksi air terjun Nglirip. Ini mungkin yang membuat rasa penat dengan kehidupan kota sehari-hari sedikit dapat terobati. Tidaklah berlebihan apabila keberadaan air terjun ini dijadikan salah satu alternatif tempat tujuan wisata di Tuban.
Air terjun Nglirip (1)Pengunjung juga tidak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah . Sebab, dari pantauan Pesona Jawa Timur, disekitar lokasi banyak terdapat warung-warung yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Harganya pun tidak membuat isi dompet melilit. “Disini itu wisata muriah meriah mas. Tidak ada tiket masuk untuk wisata. Cuma bayar parkir saja 2000 rupiah,” kata Trimarmoyo, salah seorang pemilik warung.

Jalan menuju bawah air terjun masih nampak alami dengan turunan tajam dan tanah liat, Anda harus berhati-hati menapaki jalanan ini. Dari setapak jalan ini Anda sudah dapat menikmati keindahan air terjun nglirip dari ketinggian. Dari informasi yang diperoleh, air terjun Nglirip tingginya tidak begitu tinggi, hanya berkisar 25 meter. Meski begitu, keindahan alam yang ditawarkan tidak hanya air terjun ini saja melainkan juga ada hutan jati dan bukit yang mengelilinginya.
Semakin mendekati pusat air terjun Anda akan dibawa ke perasaan takjub karena air nampak bersih. Namun sayangnya saat musim hujan Anda tidak mendapati kondisi seperti ini karena biasanya air sedikit keruh saat sedang hujan. Bebatuan pun nampak tersebar rata seakan alam menyajikan tempat duduk untuk kita menikmati semua sajian keindahannya ini. Keindahan panorama ini membawa daya tarik dan ketentraman tersendiri bagi penikmatnya.
Perlu diketahui ditempat ini nampaknya Anda harus menahan keinginan untuk berenang karena dapat membahayakan dengan kedalaman kolam yang sangat dalam dan telah banyak memakan korban jiwa. Meski begitu, dikalangan traveler air terjun Nglirip saat ini sangat tenar dan dikenal dengan kebersihan tempat wisatanya yang terbebas dari sampah dan hanya ranting pohon saja yang diperkirakan terseret arus dari atas. Menurut warga, nama air terjun Nglirip diambil dari nama Putri Nglirip yang merupakan keturunan Majapahit. (dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *