Destinasi Wisata : Jawa Timur Perkuat Eksistensi Melalui Pekan Produk Kreatif Indonesia

Jawa timur merupakan daerah dengan potensi yang melimpah. Tak ketinggalan sector pariwisatanya juga menarik untuk dikembangkan dan dikunjungi. Tidak berlebihan bila berbagai obyek pariwisata dipromosikan dan diberitahukan keberadaannya kepada halayak ramai.

Seperti dalam kesempatan pekan produk kreatif indonesia di Batam beberapa waktu lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pemasaran menampilkan berbagai destinasi wisata andalan. Dalam acara yang dihadiri menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu ini Jawa Timur menampilkan berbagai obyek wisata andalan seperti Gunung Bromo, Kawah Ijen atau Ijen Carter, Taman Safari, Jatim Park, Jembatan Suramadu, BNS, Museum Satwa, Masjid Al-Akbar Surabaya, dll.

Dengan ini diharapkan masyarakat tidak lupa dengan destinasi wisata Jawa Timur dan terdorong untuk datang ke provinsi yang berada di ujung timur pulau jawa ini. Seperti banyak diberitakan, Jawa Timur memiliki sekitar 765 obyek wisata, mulai dari wisata alam, minat khusus atau buatan, situs bersejarah, dll.

Kepala Bidang Pemasaran, Dra. Susariningsih dalam kesempatan lain mengatakan, potensi wisata Jawa Timur sangat layak untuk ditawarkan kepada dunia. Lebih-lebih Jawa Timur telah memiliki satu diantara gunung yang teridah di dunia yakni Bromo. Gunung ini merupakan icon Jawa Timur dan tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jawa Timur tidak mengunjungi obek wisata yang satu ini.

“ Kami memiliki berbagai obyek wisata yang layak untuk dikunjungi wisatawan. Terutama manca Negara, karena obyek wisata ini merupakan icon Jawa Timur dan termasuk salah satu yang masuk dalam kelas dunia. Yakni gunung Bromo. Ini adalah icon kami. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jawa Timur tanpa mengunjungi obyek wisata yang satu ini,” ungkap Susariningsih.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Dr. H. Jarianto, MSi dalam berbagai kesempatan sering mengatakan, Jawa Timur memiliki obyek wisata yang apabila dikunjungi dalam waktu satu minggu atau bahkan satu bulan tidak akan habis atau selesai untuk dikunjungi. Ini lantaran banyaknya obyek wisata dan luasnya daerah yang dimiliki. Bahkan ia yakin suatu saat nanti akan dapat mengalahkan Bali karena daya tarik wisatanya yang beragam.

Sekedar informasi, tahun 2012 Jawa TImur dikunjungi sebanyak 33.352.323 wisatawan baik wisata domestic maupun mancanegara. Jumlah ini akan terus bertambah seiring berbagai sarana dan prasarana baru yang dibangun. Seperti lapangan terbang, wisata buatan, wisata ekologi, dll. Tidak itu saja, bahkan kelompok sadar wisata yang ada di Jawa Timur atau tepatnya di daerah Balitar menjadi kelompk sadar wisata andalan dan keluar sebagai pemenang tingkat nasional tahun ini.

“ Ini akan semakin meneguhkan langkah kita untuk membangun pariwisata di Jawa Timur. Apalagi berbagai obyek wisata buatan baru juga bermunculan. Seperti museum angkut yang baru-baru ini telah resmi dibuka,” ungkap Jarianto. Sedangkan target kunjungan wisatawan kami tahun ini adalah naik 10 persen dari tahun-tahun sebelumnya. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *