Optimalisasi Branding Untuk Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM

Sidoarjo – Gerbera Timami Founder Peppu (program pengembangan produk UMKM) mengatakan, branding adalah suatu yang unik. Branding harus bisa membandingkan produk yang dimiliki.

Karena itu branding sebenarnya adalah jadi pembeda antara produk kita dan punya orang lain. “Jadi harus beda, berkesanlah, lebih tepatnya”, ungkap Garbera dalam satu workshop dengan para pelaku UKM di Surabaya.

Kegiatan yang berkerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM Jatim dengan Universitas 17 Agustus Surabaya ini mengajak para pelaku UKM untuk memahami bagaimana pentingnya suatu branding yang tepat terhadap produk yang dimiliki.

Sehingga dengan adanya branding akan membuat image dari produk berbeda dengan produk lain” jelas Geby sapaan Gebera.

Workshop optimalisasi branding ini mengangkat 3 topik di antaranya branding, marketing, dan photo produk.

Beberapa hal untuk memperkuat branding dari prodak UMKM antara lain adalah membedakan prodak dengan yang lain, meningkatkan citra dan reputasi usaha.

Meningkatkan nilai jual produk, menentukan nilai inti usaha, memilih nama usaha yang tepat, membuat logo yang menarik.

Menggunakan merk yang konsisten, memberikan nilai tambah berupa kualitas produk, memanfaatkan social media, menciptakan konten yang berkualitas, dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Menurut Gaby, hal ini penting karena pelanggan juga bisa menjadi pemasaran yang tidak langsung kepada kita. “Mereka akan merekomendasikan produk kita ke orang lain. Itu merupakan nilai tambah buat kita”, terang Gaby.

Dengan pengunaan branding yang tepat diharapkan para pelaku UKM bisa memaksimalkan penjualan produknya juga tidak kalah pentingnya lagi adalah menjaga kualitas produk agar tetap lebih baik sehingga akan jadi buruan bagi pembeli. (her)









Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *