UPT Taman Candrawilwatikta : Gelar Pagelaran Sendra Tari “Panji Sahadewa”

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Ekonomi Kreatif Taman Candrawilwatikta Pandaan baru-baru ini menyelenggarakan pagelaran Sendra Tari Panji Sahadewa. Pagelaran tersebut sejatinya adalah semangat dari bangkitnya UPT Taman Candrawilwatikta sebagai pusat kebudayaan dan pariwisata Jawa Timur sekaligus pengembangan ekonomi kreatif.

Karena itu berbagai pagelaran dan pengembangan ekonomi kreatif selalu digelar dalam berbagai kesempatan. Dikisahkan dalam pagelaran tersebut Panji Sahadewa adalah merupakan seorang tokoh yang membasmi keangkara murkaan ditengah kedzaliman yang telah dilakukan oleh salah seorang raja bernama Prabu Dewata Cengkar. Rakyat menderita karena ulah raja tersebut.

Dengan kehadiran Panji Sahadewa ini akhirnya dapat mengalahkan raja yang bengis sehingga Panji Sahadewa akhirnya dijadikan raja oleh rakyatnya. Rakyat pun hidup makmur dan damai dibawah kepemimpinan Panji Sahadewa. Tidak itu saja, Panji Sahadewa atau biasa dikenal Aji Saka itu pun juga adalah penumu aksara jawa (ha na ca ra ka) yang menambah kekayaan budaya dan peradaban baru bagi tanah Jawa.

Sementara itu, dalam kaitan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Dr. H. Jarianto, MSi mengatakan, pagelaran ini mengilhami bahwa masyarakat khususnya Jawa Timur harus pandai terbebas kebodohan yang mengakibatkan dijajah oleh bangsa lain. “ Ini adalah sebagai tanda bahwa kita harus pintar, kalau tidak pintar maka akan dapat dijajah oleh bangsa lain,” terangnya.

“ UPT Taman Candra Wilwatikta adalah sebagai tempat untuk menghidupkan kesenian dan budaya Jawa Timur agar kebudayaan dan kesenian tersebut tetap ada dan tidak musnah ditelah jaman karena merupakan jati diri dan karakter bangsa,” sambung Jarianto.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Taman Candrawilwatikta, Drs. Widarto, MM mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi antusuasme warga yang datang untuk menyaksikan sendra tari tersebut karena memang sejatinya keberadaan Taman Candrawiwatikta adalah diperuntukkan bagi masyarakat sehingga dapat membangkitkan ekonomi.

“ Bukan tidak mungkin nanti akan ada satu tempat tersendiri bagi para PKL untuk bisa berjualan disini (lokasi Taman Candra) karena memang tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengairahkan seni budaya di Jawa Timur,” ujarnya. (man)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *