Total Capaian MTF 2017 Mencapai 57,8 Miliar

Transaksi “Travel Exchange” antara penjual dan pembeli di kalangan industri travel dan pariwisata2017 dalam pameran pariwisata Majapahit Travel Fair 2017 di Surabaya hingga Kamis siang menembus angka Rp55 miliar. “Pencapaian Travel Exchange tahun ini sedikitnya meningkat lima persen dibanding penyelenggaraan tahun lalu. Travel Exchange dalam penyelenggaraan Majapahit Travel Fair tahun ini diikuti oleh puluhan buyer dari 23 negara, diantaranya Malaysia, Singapura, Filipina, Jepang, Cina, India, Polandia, Rusia, Belanda, Austria, Kanada dan Amerika Serikat,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Jarianto, MSi di sela-sela pembukaan Majapahit Travel Fair 2017 di Surabaya, Kamis (13/4/2017) malam.

Menurut Jarianto, Majapahit Travel Fair merupakan agenda pameran pariwisata rutin setahun sekali yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang salah satunya menjadi ajang “business to business” dalam kegiatan travel exchange antara penjual dan pembeli di kalangan industri travel dan pariwisata. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun internasional ke Jawa Timur.

 

“Penyelenggaraan Majapahit Travel Fair tahun ini adalah yang ke-18, berlangsung 13-16 April 2017 di Surabaya. Tahun ini kita mengambil tema petualangan, yaitu untuk menarik minat wisatawan generasi muda umumnya dan penggemar wisata petualangan untuk datang ke Jawa Timur,” lanjut Jarianto. Disebutkan pula bahwa transaksi travel exchange selama tiga tahun terakhir penyelenggaraan Majapahit Travel Fair mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Pada penyelenggaraan Majapahit Travel Fair tahun 2015, transaksi travel exchange mencapai Rp48,8 miliar. Tahun 2016, transaksi travel exchange meningkat lagi menjadi Rp52,3 miliar, yang artinya mengalami peningkatan sebesar 27 persen,” ujarnya.

 

Sementara hingga Kamis siang transaksi travel exchange dikatakan telah menembus angka Rp55 miliar. “Meningkat lima persen dari tahun lalu”, ucap Jarianto. Sedangkan hasil keseluruhan dari kegiatan MTF kali ini mulai dari travex hingga bursa pariwisata atau pameran mencapai 57,8 miliar yang disumbang 2,8 miliar dari pameran yang diikuti 150 peserta yang menempati 170 booth.

 

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tazbir, mengapresiasi penyelenggaraan Majapahi Travel Fair yang telah konsisten digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama 18 tahun berturut-turut. “Majapahit Travel Fair adalah even penting untuk mendatangkan wisatawan, tak hanya ke Jawa Timur, tapi juga ke seluruh daerah di Indonesia,” terangTazbir. Dirinya juga mendorong adanya kegiatan Travel Exchange yang lebih banyak lagi di daerah lain sebagaimana yang selalu terselenggara di Majapahit Travel Fair setiap tahunnya.

 

“Dulu kegiatan travel exchange semacam ini hanya ada satu-dua. Alhamdulillah sekarang sudah mulai banyak diselenggarakan di daerah lain. Tahun ini pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan sebanyak 625 ribu wisatawan manca negara, serta 55 juta wisatawan nusantara di seluruh wilayah Indonesia,” tandas Tazbir. (tor)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *