Tips : Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Bulan puasa telah tiba. Itu artinya lebaran sudah diambang pintu, saatnya merayakan kemenangan bersama sanak saudara. Bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam mungkin tidak terlalu bermasalah.

Namun bagi Anda yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari dengan membawa kendaraan pribadi, mudik harus dipersiapkan dengan benar. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi Anda selama dalam perjalanan. Berikut tips mudik bagi Anda yang hendak bersilahturahmi di kampung halaman :

Kondisi Tubuh

Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit. Terutama bagi driver

Kondisi Mobil dan Perlengkapannya

Sebelum dipakai ‘bertempur’ alias mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan ((tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

Bekal Makanan

Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani. Atau lebih terjamin dan praktis bila Anda membawa makanan sendiri.

Cara Berkendara

Untuk menjaga agar bahan bakar tidak boros injak gas setengah saja jangan langsung cabut rem dan gas secara cepat, itu akan membikin kendaraan Anda boros alias BBM akan cepat habis. Dan untuk kendaraan matic hendaknya persneling dalam posisi D dikala keadaan sedang macet atau tidak terlalu kencang. Selain itu juga berhati-hatilah dalam membeli Nitrogen karena banyak Nitrogen oplosan yang mendakibatkan temperaturnya cepat naik, dari 32 C ke 49 C.

Tenang Saat Berkendara

Kondisi jalan yang macet kadang membuat kita tidak sabar. Hati-hatilah, banyak yang menunggu Anda di rumah. Tetaplah tenang saat berkendara bila kondisi sedang macet, jangan menuruti emosi. Lebih-lebih balapan dengan kendaraan lain.

 

 

Bawa Peta Jalur Mudik

Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

Obat-Obatan

Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, jangan lupa itu! Terutama untuk anak-anak.

Stiker

Tempelkan stiker favorit Anda atau tanda pengenal komunitas tertentu di kaca belakang mobil /spatboard kendaraan Anda. Siapa tahu nanti di perjalanan Anda berjumpa dengan teman baru? Ini akan membantu Anda ketika diperjalanan.

Catatlah Nomor Telepon Penting

Dengan mengantoingi nomor telpon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol akan sangat membantu saat anda mengalami masalah dalam perjalanan.

Frekwensi Radio

Ini akan membantu memberikan informasi mudik di sepanjang rute perjalanan Anda. Anda bisa juga mendengarkan radio untuk mendapatkan info yang Anda inginkan.

Setelah semua hal diatas anda siapkan dengan cermat, jangan lupa untuk selalu BERDOA sebelum memulai perjalanan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan. */berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *