Swandi, Berjuang Hidupkan Komunitas Pelukis Dalam “Akar Timur”

Nama Swandi atau Suwandi memang sudah tidak asing lagi dikalangan pelukis Surabaya dan Sidoarjo. Swandi adalah seorang pelukis dengan gaya impresif yang khas bertema kritik-kritik sosial ataupun yang hal-hal menarik lainnya yang terjadi di masyarakat.

Swandi memulai profesinya dari sebuah sekolah seni rupa di Surabaya. Ia kemudian banyak mengasah keterampilan menorehkan cat diatas kanvas melalui para senior-seniornya dan belajar melalui literasi. Kini ia bercita-cita mewujudkan komunitas pelukis yang tergabung dalam akar timur. Yakni sebuah kumpulan para seniman yang berasal dari Jawa Timur yang memiliki visi dan semangat yang sama bidang seni rupa.

Namun ia sadar, untuk mencapai sebuah komunitas yang solid dan diperhitungkan tidaklah mudah. Karena itu ia hanya berharap komunitas ini pelan-pelan akan hidup dan diperhitungkan. “Kami mengajak semua seniman yang ada untuk bersama bangkit melalui akar timur, mudah-mudahan akan dapat berjalan dengan semestinya. Namun juga seleksi alam yang menentukan. Kita sudah mendapat respon dari pelukis Jogja karena wilayah kami tidak terbatas meski kami dari Jawa Timur”, ungkap Swandi di kediamannya baru-baru ini.

Alhasil kini komunitas itu telah terbentuk dan berjalan. Bahkan dalam waktu dekat berencana akan berpameran di Jakarta. Mengenai tema-tema lukisan yang diusung dalam pameran melalui bendera “Akar Timur” Swandi mengatakan, komunitas ini hanya menyuarakan tema-tema sosial masyarakat dengan mengangkat isu-isu hangat atau kejadian yang sedang menonjol di masyarakat. “Kami memang mengkhususkan hal itu (tema sosmas) karena ini adalah komunitas yang peduli dan menyuarakan keberpihakan kepada masyarakat. Bukan menjual lukisan semata,” akunya. (luk)

Biodata :

Nama : Suwandi

Gllery  : Tanggulangin Sidoarjo

Pendidikan : SMSR Surabaya, para.    senior, dan literasi.

Riwayat Pameran : Jakarta, Jogja, Surabaya, Bali, Banyuwangi, dan Sidoarjo.

Style/Gaya lukisan : Impresif

Karya-karya andalan yang pernah dituangkan diantaranya adalah :

– judul “The Last Blood”

–  “Capital Dangerous”

–  “Dilema”

– “Hasil Semalam”

– “Lepas Kendali”

– “On The Rainbow”, dll

Contak Person : 085755149881

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *