Sinergi 5 Stake Holder Kembangkan MICE di Jawa Timur

Untuk menjaring pasar corporate metting, kementerian pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur, Bank Danamon, Badan Promosi Pariwisata Indonesia dan Citilink menyelenggarakan kegiatan ICMITM (Indonesian Corporate Meetings & Incentives Travel Mart) yang dilaksanakan di Hotel Bumi (8/5).

Kegiatan tersebut menurut Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata, Esty Reko Astuti, mengatakan, hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan wisatawan yang hingga 2015 ditarget sebesar 12 juta wisatawan. Dimana kontribusi 3 persennya berasal dari MICE (meeting incentives conventions and exhibition).

IMG_4018Surabaya sebagai kota terbesar kedua di tanah air sangat strategis sebagai penggerak dan tujuan sektor MICE. Karena itu sebanyak 62 corporate yang dimiliki Bank Danamon melalui Card Businessnya diajak ikut serta sebagai buyer dalam event kali ini. “Para corporate tersebut telah kami seleksi untuk ikut serta dalam event ini. Dimana kami harapkan akan sangat membantu pertumbuhan pariwisata khususnya di Jawa Timur,” tutur Lukas Djoesianto dari Card Business Head Danamon.

Sementara itu Citilink juga mengapresiasi peluang yang sama dengan menyediakan pesawat-pesawat yang tergolong muda. Yakni berusia dibawah lima tahun. Hal ini guna menunjang aksesibilitas penumpang yang kini jumlahnya total mencapai 100 juta penumpang hingga 2014 lalu untuk mencapai daerah-daerah tujuan wisata di Jawa Timur.

Pemerintah propinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas kebudayaan dan Pariwisata juga menyambut baik kegiatan ini dimana melalui Pergub Nomor 2 Tahun 2014 menghimbau para pengelola hotel untuk mengandeng atau mengikut sertakan UKM dalam kegiatan usaha mereka. “Seperti disediakan space atau tempat untuk display produk UKM,” terang Drs. Handoyo, MPd dari Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Disbudpar Jatim. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *