Selecta, Never Ending Good Views

Batu – Kota Batu memiliki daya tarik wisata yang begitu menakjubkan. Berbagai obyek wisata terkenal ada di kota tersebut. Seperti museum angkut, jatim park, wisata agro, dll. Dan yang tak kalah menarik dan terkenal lainnya adalah obyek wisata Selecta.

Berbicara mengenai obyek wisata Selecta, tak lepas dari dataran tinggi yang merupakan letak dari obyek wisata tersebut. Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu Jawa Timur.

Awalnya objek wisata ini tidak dibuka untuk umum, dan hanya diperuntukkan untuk peristirahatan orang-orang Belanda. Namun setelah direnovasi atau dikembangkan lagi tahun 1950, taman bunga ini dibuka untuk umum hingga sekarang.

Objek wisata ini benar-benar menyuguhkan konsep taman yang berbeda. Taman Selecta Malang memiliki luas keseluruhan sekitar 18 hektar. Namun yang digunakan untuk taman bunga atau kebun bunga hanya sekitar 10 hektar.

Nama Selecta sendiri diambil dari bahasa Belanda “Selectie” yang berarti pilihan. Objek wisata ini dibangun selama kurang lebih 8 tahun. Kurun waktu pembangunan antara tahun 1920 hingga tahun 1928.

Namun tahukah Anda, Selecta merupakan tempat ngadem paling asyik. Pasalnya suasana teduh dan nyaman pas banget buat Anda yang menginginkan tempat liburan keluarga yang nyaman. Ada banyak pilihan wahana permainan yang bisa dinikmati di tempat yang satu ini.

Diantaranya adalah Outbound, Flying Fox, Arena berkuda, Playground, waterboom, skybike, Kiddie Ride dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk sensasi berkuda, ternyata berkuda tanpa pelana seperti yang ada ditempat ini sangat unik. Itu karena pinggul Anda akan terasa bergoyang bergerak ke kiri dan kanan seakan mau jatuh alias megal-megol dan terasa geli karena tanpa pelana.

Selecta sendiri adalah merupakan sebuah taman bunga yang dikonsep sedemikian rupa dengan petak-petak berbentuk persegi. Susunannya pun sangat rapi dan teratur.

Tiap-tiap persegi dengan ukuran yang berbeda-beda itu pun diberi tanaman bunga yang beraneka ragam dan bunga-bunganya pun bermekaran sesuai dengan musim mekarnya masing-masing.

Ada puluhan spesies bunga di tempat ini hingga pemandangannya nampak menarik dan tiap sudutnya sangat keren seakan alias never ending good views. Eits jangan kuatir, masih banyak lagi sensasi liburan yang asik di tempat ini.

Ada kolam renang, baik untuk anak maupun dewasa. Juga ada slider alias seluncur dari ketinggian yang lumayan mendebarkan. Selepas Anda kedinginan ada mandi air panas dengan tarif 5000 rupiah. Sewa pakaian renang juga tersedia di tempat ini.

Selepas Anda seru-seruan dengan keluarga atau teman, Anda bisa menikmati kuliner yang cukup terjangkau di tempat ini. Seperti bakso yang beraneka rasa yang dibandrol cukup hanya 15 ribu per porsi.

Bagi Anda yang kurang atau menginginkan porsi besar juga ada, hanya dibandrol seharga 30 ribuan saja dengan ukuran bakso super jumbo. Dan masih banyak lagi pilihan jajanan atau pengisi perut yang bisa Anda pilih. Juga ada pasar wisata yang lokasinya berdekatan dengan area parkir.

Nampaknya tempat wisata ini juga cukup lengkap fasilitasnya. Toilet, musholla tersedia dengan cukup baik dan juga bersih. Nampak para pekerja dengan tekun menata tiap jengkal tanah yang akan dijadikan taman-taman baru.

Untuk menikmati keindahan tempat ini Anda cukup dikenakan tarif 40 ribu rupiah per kepala. Juga ada tiket terusan yang harganya bervariasi antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Ok, selamat mencoba dan moga hari-hari Anda menyenangkan untuk saat ini dan selanjutnya. See You…..! dan tetap jaga protokol kesehatan ya guys? (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *