Pukul 8 Malam, Waktu Paling Tepat Menyaksikan Penyu Bertelur

Pantai Sukamade Terletak kurang lebih 97 km ke arah barat daya dari kota Banyuwangi. Tepatnya berada  dalam wilayah Dusun Sukamade, Desa Barongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. 

Pantai ini selama ribuan tahun menjadi tempat bertelurnya kura-kura atau penyu-penyu raksasa dari kawasan Samudera Indonesia dan Pasifik. Pantai ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Pantai

Sukamade ini paling diminati oleh wisatawan mancanegara. Di pantai ini, banyak dijumpai kelompok macaca dan lutung yang sudah terbiasa dengan pengunjung. Pengunjung dapat menikmati jalan kaki melintasi hamparan hutan-hujan tropis dataran rendah dengan akses jalan setapak. Potensi yang dapat dinikmati sepanjang jalur ini antara lain adalah kumpulan kelelawar besar, kijang, babi hutan, biawak dan berbagai jenis burung termasuk elang laut.

Pada malam hari, pantai Sukamade akan berubah menjadi surga. Satu per satu penyu akan muncul dari laut menuju ke pantai untuk bertelur. Untuk bisa melihat peristiwa penyu bertelur, kita harus menunggu sekitar jam 8 malam. Pemandangan inilah yang ditunggu-tunggu wisatawan khususnya mancanegara. Karena langka, maka perlakuan untuk mengamatinyapun harus ekstra hati-hati. Biasanya pengunjung tidak diperbolehkan menyalakan lampu dan berbuat gaduh selama berada di pantai. Proses penyu bertelur sendiri memakan waktu kurang lebih 3 jam dari naik ke pantai sampai kembali lagi ke laut.

Wisatawan juga dapat turut aktif dalam usaha konservasi penyu dengan mengikuti kegiatan pelepasan tukik(anak penyu yang baru menetas) ke laut setetah ditetaskan pada penetasan semi alami. Penyu merupakan binatang laut yang sudah ada sejak 150 juta tahun yang lalu. Bahkan sebelum dinosaurus ada. Hewan ini masuk dalam kelas reptilian laut.

Di dunia saat ini juga tinggal tujuh spesies kura-kura atau penyu yakni penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricate), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu tempayan (Caretta caretta), penyu pipih (Narator depressus), penyu ridley (Lepidochelys kempii) yang endemik di AtiantiklMeksiko.

Dari tujuh spesies, 6 di antaranya ditemukan bertelur di kawasan Indonesia, yakni: penyu belimbing, penyu lekang, penyu sisik, penyu hijau, penyu tempayan, penyu pipih. Empat jenis di antara enam penyu tersebut pernah bertelur di Pantai Sukamade. Mereka adalah penyu belimbing, lekang, sisik dan hijau. Dan dari 4 jenis tersebut, yang naik ke pantai untuk bertelur adalah 2-3 ekor setiap hari. Yakni penyu hijau.

Setelah diberikan pengarahan di tempat konservasi penyu, Anda akan diajak untuk menyaksikan penyu bertelur. Jarak dari tempat konservasi penyu ke bibir pantai sejauh 1 km. Untuk bisa melihatnya, Anda harus hati-hati dan tidak boleh berisik. Sebab penyu bisa kembali lagi ke laut jika dirinya merasa ada sesuatu yang dianggap berbahaya.

Selain dari Banyuwangi, Pantai Sukamade dapat dicapai dari Jember yang berjarak sekitar 127 km. Setelah mencapai Desa Sarongan, terdapat medan yang lumayan, perjalanan ke Pantai Sukamade yang berjarak 18 km biasanya ditempuh dengan menggunakan kendaraan dalam waktu 1,5 jam.

Banyak Fasilitas yang terdapat di sekitar pantai Sukamade ini. Antara lain pondok wisata, camping ground yang dilengkapi dengan pendapa untuk ruang pertemuan, shelter, jalan trail wisata, information centre, laboratorium dan pondok kerja.

Di pantai ini juga, banyak obyek wisata yang dapat dinikmati. Antara lain Hutan mangrove, sungainya dapat dipakai berkano pada sore hari sambil melakukan pengamatan burung (Bird Waching) seperti Roko-Roko, Elang laut, Dara Laut dan masih banyak lagi, hal ini biasanya dilakukan sambil menunggu Sunset. Sedangkan fasilitas yang ada di lokasi ini antara lain seperti : Pondok Wisata, Camping Ground yang dilengkapi dengan pendopo untuk ruang pertemuan, Shelter, jalan trail wisata, information centre, laboratorium dan pondok kerja. */bbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *