Pasar Bluru Kidul Berhasil Gemukkan Kas Desa

Pasar Bluru Kidul nampaknya bisa menjadi pasar percontohan bagi BUMDES (Badan Usaha Milik Desa ) yangmengalokasikan dananya untuk pendirian pasar. Pasalnya, sejak pasar ini didirikan 2014 lalu pasar ini terus berkembang hingga dapat mendulang puluhan juta rupiah dan hingga kini telah tercatat sampai 90 juta rupiah.

Kepala Desa Bluru Kidul, Tri Prastyono, SH mengatakan, awal berdiri pasar tersebut hanya mampu mendulang belasan juta rupiah ke kas desa. Walhasil, seiring lokasi yang strategis ditambah dengan bangunan yang rapi dan bersih akhirnya pasar pun berkembang dan mampu meraup hingga puluhan juta rupiah.

Pasar yang dihuni sekitar 250 an pelapak ato pemilik kios ini dibuka mulai pagi dan tutup sore, namun ada pedagang yang setelah sore mereka terus buka hingga malam. Tri berharap, ke depan pasar ini nantinya akan semakin berkembang dan mampu memutar roda perekonomian desa sehingga dapat mensejahterakan masyarakat desa.

“Ke depan, selain kita memiliki pasar juga nantinya memiliki tempat pengolahan sampah sendiri yang bisa didaur ulang. Sepertimenghasilkan biji plastik, dll sehingga juga akan menambah pendapatan desa”, tutur Tri (26/12) di kantor Desa Bluru Kidul.

Ia pun melanjutkan banyak rencana kerja yang bakal atau ingin digagasnya berkaitan dengan BUMDES. Seperti tempat wisata, pertanian, pengolahan sampah, dll. “Masih menunggu persetujuan dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) sebagai DPR-nya desa “, terangnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *