Pantai Perawan Peh Pulo

Blitar memang dikenal memiliki banyak pantai yang indah. Salah satu pantai yang bisa dikatakan indah dan masih perawan itu adalah Pantai Peh Pulo. Pantai ini terletak di Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Nama Peh Pulo sendiri diambil dari nama pulau terbesar yang berada di seberang pantai ini, yakni Pulau Peh. Di seberang Pantai Peh Pulo ini telah terhampar deretan pulau karang yang indah. Selain disebut dengan sebutan Peh Pulo, pantai ini juga memiliki beberapa sebutan lain yakni, Pantai Pasir Putih Sumbersih dan Pantai Wedhi Ombo.

Untuk menuju pantai ini sebaiknya pengunjung, membawa kendaraan pribadi. Karena jarang sekali terdapat angkutan umum yang menuju pantai ini. Jika dari Kota Blitar, sebaiknya pengunjung mengarah ke Lodoyo, lalu ikuti petunjuk jalan menuju pantai Serang. Setelah sampai di pertigaan beringin desa Panggung Rejo, pengunjung sebaiknya lurus menuju desa Panggungrejo. Karena kalau mengambil kearah kananmaka  akan menuju ke pantai serang. Pantai ini berjarak sekitar 40 km atau satu setengah jam perjalanan dari Kota Blitar.

Perjalanan menuju pantai ini sangat menantang. Kondisi pegunungan yang terjal serta berkelok, sebaiknya pengunjung berhati-hati dan waspada agar tidak tergelincir ke jurang. Sebelum sampai ke pantai, jalur yang terbuat dari beton dan dikelilingi persawahan penduduk akan menyambut pengunjung. Jalur ini akan membawa kita ke perkampungan warga dan berakhir dengan rute jalan makadam.

Butuh konsentrasi ekstra saat melewati jalur ini karena jalanan sempit dan naik turun, ditambah tanah yang becek ketika hujan. Di pantai ini belum ada retribusi karcis masuk maupun parkir kendaraan karena pantai Peh Pulo memang belum banyak dirambah pengunjung.

Suasana Pantai Peh Pulo dan sekelilingnya sungguh memukau. Semua itu dipercantik oleh deretan pulau karang dan air lautnya yang cukup jernih sehingga membuat siapapun tak jemu untuk memandangnya.

Di pantai ini terdapat Pulau-pulau kecil diseberang pantai yang berjumlah sekitar 4 buah. Sayangnya masih belum ada akses menuju ke pulau-pulau kecil itu, atau mungkin dibiarkan saja seperti itu agar tidak terkotori oleh tangan-tangan jahil. Meskipun dibentengi oleh deretan pulau-pulau kecil, namun ombak di pantai yang berpasir putih ini cukup menantang. Maklumlah karena pantai ini memang menghadap langsung ke laut lepas. Sungguh pantai yang penuh kombinasi. (dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *