Nadlatujjar Sinergi Bersama Kuatkan Ekonomi Bangsa

Malang – Sejumlah usahawan atau pelaku usaha yang tergabung dalam satu wadah Nadlatujjar (kebangkitan para saudagar) mengadakan satu acara diklat bagi para anggotanya yang kebanyakan dari kalangan ponpes dan ulama.

Ide ini muncul dari awal masuknya para ulama di bumi nusantara yang saat itu melalui perdagangan atau usaha. Dalam kesempatan tersebut mereka mengadakan diklat IT, kuliner dan Perkoperasian di Hotel Rado Malang baru-baru ini.

“Tujuannya adalah bersinergi, untuk sementara yang kita pelajari adalah bidang IT, kuliner dan koperasi”, terang Muhammad Ali salah seorang penggerak dalam organisasi tersebut.

Untuk sementara selain pelatihan, kita masih mapping potensi masing-masing peserta. “Misal, pondok A punya potensi pertanian, pondok B potensi perikanan, dll itu untuk sementara di mapping dulu. Selanjutnya kita bisa action”, terang Muhammad Ali.

Menurut Ali dengan pelatihan tersebut diharapkan nantinya akan ada usaha dibidang yang usaha yang diberikan dalam pelatihan tersebut.. Seperti membikin market place, koperasi, dll. “Intinya kita ingin bersinergi bidang ekonomi dan membangun kekuatan baru diantara para ulama, pesantren dan ummat secara umum.

Nadlatujjar diinisiasi oleh para Kiai sepuh. Diantaranya yakni Kiai Malik dari Sidoarjo, Yahya Ramli Tuban. Untuk meneguhkan niat dan action Nadlatujjar membentuk satu badan usaha Pt. INTAN yang bertujuan sebagai legalitas formilnya.

Akhirnya mudah mudahan dengan bergabungnya para santri dan ulama di bidang ekonomi ini, mudah mudahan ekonomi Indonesia semakin kuat kedepannya dan masyarakatnya bertambah sejahtera. Amin Allahumma amiin. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *