Menelusuri Coban Baung Diantara Bebatuan Licin Nan Mendebarkan

Wisata Alam Gunung Baung sebenarnya adalah sebuah bukit diwilayah hak konservasi BKSDA Jatim. Untuk menuju ke kawasan ini tidak begitu sulit lantaran lokasinya yang tidak jauh dari jalan utama Lawang-Pandaan.

Persisnya ada di belakang Lokasi Kebun Raya Purwodadi, Kab. Pasuruan (Jl. Raya Pasuruan – Malang). Potensi alam yang dimiliki pegunungan ini juga sangat menarik. Karena disini juga terdapat air terjun yang indah.  Lokasi Air Terjun Coban Baung memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Untuk menuju kesana, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi roda empat atau roda dua.

Lokasinya sangat mudah dijangkau. Patokannya hanya Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Karena jalan masuk menuju lokasi ini berada disamping pagar kebun raya. Kalaupun Anda lewat kebun raya juga bisa dilakukan. Karena dibelakang kebun raya ini ada beberapa pagar yang sengaja dirusak oleh tangan-tangan jail untuk melihat pemandangan Coban Baung.

Jika dari kota Malang sekitar 26 km ke arah Surabaya, setelah melewati pagar kebun raya belok kanan melalui jalan dan perkampungan yang bisa dilalui roda empat. Sekitar 1,5 km perjalanan lagi Anda sudah sampai dilokasi. Jika dari arah Surabaya ke Malang sekitar 66 km. Sebelum pagar kebun raya purwodadi belok kiri. Meskipun kondisi jalan tidak begitu mulus, karena masih banyak jalan yang lubang. Bahkan beberapa kilo meter menuju lokasi wisata hanya batu kerikil. Tapi kondisinya tidak begitu parah. Lumayan lah untuk jiwa penantang.

Untuk masuk kelokasi wisata ini hanya dikenai HTM Rp. 5.000,- untuk hari kerja dan untuk hari libur Rp. 7.500,- per orang. Tentunya harga tiket sangat murah dan terjangkau. Meskipun fasilitas pendukung belum begitu banyak. Tapi jangan salah, untuk WC dan saung tempat istirahat, sudah tersedia. Untuk menyksikn ir terjun ini dari area parkir Anda dpt berjalan menyusuri anak tangga yang jumlahnya sekitar 200 trap. Dengan kondisi yang cukup terjal.

Sesampainya di lokasi, pengunjung akan langsung disuguhkan pada aliran sungai yang sangat menarik dan untuk mendekat ke air terjun tersebut Anda harus  menyusuri pinggiran sungai itu diantara bebatuan licin.

Derasnya air terjun atau Coban Baung bergemuruh memecah kesunyian alam. Menyisakan buih-buih air berkejaran diantara bebatuan besar dan licin. Nampak begitu eksotik,  menjadi daya tarik dengan panorama yang luar biasa.

Ditambah lagi dengan beragam vegetasi tumbuhan liar yang tumbuh diantara dinding-dinding  karang yang menjulang tinggi. Meskipun begitu, untuk mendekati Coban Baung mesti sangat hati-hati. Terlebih lagi ketika arus air cukup deras. Di area ini sudah banyak fasilitas permainan yang bisa dinikmati. Seperti Camping Ground, Jungle Survival, Rock Climbing, River Boarding, Slooping, Air Soft Gun, dll. (dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *