Majapahit Travel Fair Bukukan Transaksi 57 Milyar

Majapahit Travel Fair (MTF) barus saja usai digelar. Masyrakat pun baru saja menyaksikan riuh dan kemeriahannya. Namun adakah yang kita pikirkan apa sebenarnya makna dibalik perhelatan tahunan yang menyedot dan menyita perhain itu. Ya, salah satu tentunya adalah meningkatkan kunjungan wisata ke Jawa Timur. Utamanya dari mancanegara. “Ini adalah esensi dari acara atau digelarnya MTF itu”, ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Dr. H. Jarianto, MSi di kesempatan sebelumnya sambil lalu.

Namun tahukah kita bahwa berapa hasil atau value yang didapatkan dari acara itu. Kepala Bidang Pemasaraan Disbudpar Jatim dalam laporannya menyampaikan bahwasanya tiap tahun perolehan transaksi travex Majapahit Travel Fair mengalami peningkatan. Ya, kali ini peningkatan itu terjadi sebesar 5% dari tahun sebelumnya. Yakni senilai 57, 925 milyar rupiah yang pada tahun lalu mencapai 55 milyar rupiah.

Sedangkan transaksi pada bursa pariwisatanya mencapai 4,819 milyar rupiah dengan jumlah pengunjung diperkirakan sebanyak 37.689 orang. Susariningsih mengucpkan terimksihnya kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan tersebut atas partisipasi dan bantauan yang diberikan. “Alhamdulillah acara ini berjalan sukses. Kami mengucapkan kepada semua pihak yang telah turut berpatisipasi dan membantu terselenggaranya kegiatan tersebut yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu”, ujarnya.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, para buyer tertarik atau minat dengan tempat-tempat (paket wisata) yang ada di Jawa Timur. Dan tahun ini tempat-tempat wisata yang diminati atau menjadi bookingan dalam paket perjalanan wisata pada sesi travex itu adalah Gunung Bromo, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Batu Malang, dan Surabaya City Tour.

Namun ada yang berbeda pada Majapahit Travel Fair tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Yakni adanya lomba foto dan video pariwisata Jawa Timur yang menghasilkan beberapa pemenang. Seperti jura 1 lomba foto diraih oleh Go Andre Johan dari Surabaya, juara 2 oleh Ahmad Wahyudi Sumberwaringin, juara 3 diraih oleh Gunawan Rustandi Jakarta.

Lomba video juara 1 diraih oleh Arief Setiawan dari Kediri, posisi 2 diraih oleh Fitra Bilda Banun dari Probolinggo dan juara 3 oleh Dwi Prasetyo Sidoarjo. (Selengkpnya lihat tabel). (man)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *