Kabupaten Jember Tampilkan “Cariluwak” di GSB Taman Budaya

Seni dan budaya memang tiada habis diperbincangkan. Namun bagaimana implemantasinya dilapangan inilah yang perlu di realisasikan. Karena itu Taman Budaya Jawa Timur yang bermarkas di Genteng Kali Surabaya tak henti-hentinya menyelenggarakan kegiatan tersebut. Seperti GSB (gelar seni budaya) yang baru-baru ini dilaksanakan oleh Kabupaten Jember yang mengambil tema “Pesona Ragam Budaya Pendalungan” pada 12/2/2016.

Dalam kegiatan tersebut kelompok seniman dan budayawan dari Kota Jember mencoba menyajikan pagelaran yang dapat memberikan informasi mengenai ragam seni budaya yang ada di daerahnya seperti campursari, ludruk dan lawak (cariluwak). Yakni sebuah seni budaya masyarakat pendalungan yang merupakan gabungan dari seni budaya Jawa dan Madura.

Dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Jember Supaad menyampaikan rasa terimakasihnya karena Kabupaten Jember diberikan kesempatan untuk tampil di Taman Budaya atau Surabaya sehingga dapat menambah kenal masyarakat Surabaya khususnya pada seni dan budaya Kabupaten Jember.

Sementara itu Kepala UPT Taman Budaya, Sukatno mengatakan meski mengawali tampilan perdana di tahun baru ini, Kabupaten Jember tak kalah menarik dan hebohnya dari tahun-tahun sebelumnya. “Ini yang membuat kita merasa senang dan bangga terhadap aset-aset budaya yang ada di daerah”, terang Sukatno. Karena seni dan budaya daerah harus tetap tumbuh dan digugah dengan menampilkannya keluar atau halayak luar daerah. (jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *