Fredik Suharto : Banyak Wisata di Sidoarjo Yang Bisa Dikembangkan

Sidoarjo – Berbicara mengenai pariwisata Sidoarjo ternyata ada pengalaman menarik yang dialami Fredik Suharto yang kini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sidoarjo ini.

Fredik yang kala itu menjabat sebagai Camat Waru mengatakan, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat ia berinisiatif atau memiliki ide untuk membuat paket wisata murah meriah dengan menaiki kereta kelinci berputar di seputaran wilayah waru yang dikemas dalam paket study tour.

Menurutnya ini bertujuan untuk memberi wawasan pada anak-anak atau peserta untuk mengetahui sisi-sisi lain dari kehidupan yang belum diketahui oleh anak atau peserta.

“Anak-anak itu perlu pendidikan, tidak hanya di sekolah tapi juga diluar sekolah. Masih banyak yang perlu mereka ketahui dari sisi-sisi kehidupan yang bisa mengedukasi mereka”, terang Fredik saat berbincang dengan pesonajawatimur.com (14/4/2021).

“Ia saya kepikiran waktu masih di Waru (sebagai Camat Waru) dulu. Kala itu aku punya ide untuk membuat study tour yang pesertanya anak-anak TK-SD. Mereka kita kasih tau bagaimana cara pengolahan sampah, apa akibatnya kalau tidak dikelola, dll.

“Juga ada wisata industri seperti pabrik makanan, minuman, minyak, dll. Dan itu sudah sy kondisikan. Eh….ternyata saya ditarik ke sini (pindah)”, ungkap Fredik.

Menurutnya sebenarnya di Sidoarjo banyak sisi pariwisata yang bisa dikembangkan. Dan tidak harus wisata alam. “Wisata Jasa juga bisa”, lanjutnya.

Ia mengasumsikan dengan jumlah anak di Waru yang berjumlah sekitar 50 ribuan, berapa perputaran uang dari paket study tour itu kalau jadi dilakukan. Itu sudah cukup lumayan dengan tarif per anak kira-kira 25-35 ribuan”, terangnya. “Dan sudah banyak yang oke atau mendukung kala itu, industrinya ketika saya datangi juga sudah siap”, katanya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *