Expo Koperasi dan UMKM 2014

Hadirkan Suasana Beda Dengan Parade Batik Nusantara

UMKM menjadi sektor terpenting dalam pembangunan ekonomi Jawa Timur. Bahkan UMKM dikenal tahan dengan berbagai hantaman krisis ekonomi yang melanda nusantara. Kini ragam kegiatan itu bakal digelar dalam expo UMKM yang rencananya akan dilaksanakan di Grand City Surabaya 26-30 Nopember mendatang.Kepala Bidang Usaha Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur Mas Purnomo Hadi mengatakan, Ekspo koperasi dan UMKM bertujuan untuk memperoleh pembeli atau pasar terhadap produk-produk koperasi dan UMKM baik jangka pendek maupun jangka panjang. “ Expo koperasi ini dimaksudkan untuk menjaring pembeli dan terjadi hubungan dagang dalam system perdagangan global yang berkesinambungan,” tutur Purnomo Hadi.

Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam kesempatan ekspo ini nantinya juga bakal diikuti oleh berbagai tenant diantranya dari perbankan, koperasi dan UMKM, lembaga keuangan non bank, BUMN dan BUMD, instansi-instansi di lingkungan propinsi Jawa Timur, dan instansi-instansi di seluruh provinsi di Indonesia. Serta yang tidak kalah menariknya dan beda dengan tahun lalu adalah akan digelar parade batik nusantara yang diikuti oleh barbagai propinsi di Indonesia. “ Kita akan menampilkan beberapa batik dari berbagai propinsi di nusantara karena selain mempopulerkan batik juga menunjang produk batik nasional agar semakinbergairah dan diminati hingga para pelaku UKMnya semakin sejahtera,” terang Purnomo.

Adapun produk-produk yang bakal dipamerkan meliputi produk pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, hasil olahan makanan dan minuman, hasil prosuksi industry kerajinan dan kreatif, teknologi kemasan produk makanan dan minuman, produk pembiayaan perbankan dan non bank, serta layanan konsultasi dan kewirausahaan.

Untuk memeriahkan acara tidak lupa juga dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung. Seperti seminar, work shop, talk show, lomba desain cinderamata, lomba goyang oplosan, lomba mengambar dan mewarnai, lomba busana dan demo, live music setiap hari, lomba foto produk UMKM, kuis dan game.

Mas Purnomo Hadi malanjutkan, acara ini selain dimaksudkan untuk menjalin peluang pasar dan hubungan dagang juga diharapkan akan menjadi icon Jawa Timur dalam kalender pameran dagang nasional dalam hal produk-produk koperasi dan UMKM yang beroriantasi bisnis to bisnis.

Selain itu ekspo ini juga sebagai tolok ukur bahwa produk-produk UMKM telah mengalami transformasi dan berbagai perbaikan baik dari segi kujalitas ataupun kuantitasnya. “ Kita juga ingin menunjukkan bahwa produk UKM bukan lagi sebagai produk yang hanya dipilih kalangan bawah melainkan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atas dalam arti kujalitasnya juga dapat diandalkan,” terang laki-laki yang akrab disapa Purnomo ini.

Ia menambahkan kesempatan ini merupakan peluang emas bagi kalangan UMKM atau siapa saja yang ingin memulai sebuah usaha khususnya industri kecil untuk mencari peluang dan informasi-informasi usaha dan bahkan hingga pembiayannya karena ada lembaga-lembaga pembiayaan baik bank atau non bank. “ Ini merupakan kesempatan baik bagi siapa saja khususnya yang ingin memulai sebuah usaha untuk mencari informasi terkait apa saja khususnya pembiayaan,” tutup Purnomo .(her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *