Dorong Perluasan IKM, Kemenperin Bakal Jadi “Mak Comblang” ke Hotel

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong Industri Kecil dan Menengah (IKM) melebarkan sayapnya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan fasilitas bagi IKM untuk menjual produknya kepada pelaku bisnis hotel. Direktur Jenderal IKM Kemenperin

Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya akan menghubungkan langsung IKM dengan pelaku bisnis hotel yang ada. Sehingga, diharapkan ke depannya pasokan barang-barang hotel bisa diambil dari para pelaku UKM.

 

“Hari ini kita menyambut baik adanya acara ini kemenperin ada pameran ini. Kami sebagai pembina industri kecil menengah, kebutuhan hotel bisa disuplai industri menengah,” ujarnya dalam acara Indonesia Hotel Week, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

 

Menurut Gati, potensi produk IKM untuk memasok kepada bisnis hotel sangatlah besar, khusunya untuk produk-produk interior hingga outdoor living. “Kalau kita lihat pemilik hotel itu hubungannya bisa dengan properti, kontraktor, interior dan outdoor living, ini peluang besar bagi industri menengah,” katanya.

 

“Suplai kebutuhan hotel ini yang namanya mebel furnitiur indonesia bagus. Rotan juga cuma punya Indonesia,” tambah dia. Menurut Gati, jika nantinya para pelaku UKM sudah diberikan akses, maka tidak perlu repot-repot lagi untuk mendapatkan keuntungan yang fantastis. Karena dari penyerapan hotel saja, pelaku UKM bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

 

Selain itu, bagi pelaku bisnis hotel tidak perlu repot-repot lagi impor barang untuk mendapatkan barang-barang untuk hotelnya. Ditambah, harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dari yang ditawarkan asing. “Kalau pasar dibuka dalam negeri kita tidak perlu ekspor lagi,” jelasnya. (mrt/okz)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *