Diseminasi Usaha Pariwisata : Dorong Kab/Kota Peduli Pendaftaran Usaha Wisata

Pendaftaran usaha pariwisata nampaknya mulai digencarkan oleh kementerianpariwisata. Setidaknya ini ditandai dengan kegiatan diseminasi usaha pariwisata yang dilakukan di Hotel Ques Surabaya (23/2/2016).  

Dalam kesempatan itu wakil kementerian pariwisata memaparkan, setidaknya kabupaten/kota tergugah dengan pentingnya kegiatan pendaftaran tersebut. Ditengarai kini masih banyak usaha pariwisata yang belum mendaftarkan usahanya karena beberapa sebab. Seperti diantaranya karena regulasi kabupaten/kota setempat yang belum memungkinkan atau belum menyelenggarakan kegiatan pendaftaran tersebut.

“Ini memang sebagai langkah kongkrit agar semua usaha pariwisata nantinya bisa terdaftar semua”, terang Kepala Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Disbudpar Jatim Drs. Handoyo, MPd.  Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Dr. H. Jarianto, MSi mengatakan hal serupa. Memang di Jawa Timur belum semua usaha mendaftarkan usahanya, tapi menurut laki-laki asal Trenggalek ini sudah banyak usaha-usaha pariwisata yang peduli dan mendaftarkan usahanya.

“Ini penting karena sehubungan dengan kualitas pelayanan yang akhirnya berpihak pada konsumen. Apalagi kita akan menghadapi pasar bebas Asean seperti MEA”, ungkap Jarianto dalam jumpa pers di Hotel Ques Surabaya.  Dari kegiatan ini (diseminasi usaha pariwisata) diharapkan pemerintah kabupaten/kota tergerak dan mulai membuat regulasi yang mendukung usaha pariwisata. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *