Daya Tarik Wisata Jatim : Bulan Maret Sudah Terjadi Lonjakan Wisatawan

Jawa Timur, tidak asing lagi. Daerah ini memiliki banyak potensi yang dapat dikemkangkan. Seperti obyek wisatanya yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Masing-masing daerah memiliki obyek daya tarik wisata tersendiri. Mulai dari goa, pantai, gunung, danau, air terjun, wisata buatan, religi, dll.

Seperti wisata pantai Klayar yang berada di Kabupaten Pacitan, Goa Maharani di Lamongan, Pulau Merah di Banyuwangi, dll. Selain itu juga makanan khasnya juga sangat sayang untuk dilewatkan.

Bahkan di beberapa kesempatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Dr. H. Jarianto, MSi sering mengatakan kalau dikelola dengan baik wisata di Jatim bisa mengalahkan Bali. Pasalnya, Jatim memiliki obyek wisata yang tesebar luas hampir di seluruh wilayahnya. “ Kita memiliki wilayah yang luas dan masing-masing wilayah terdapat obyek wisatanya, seluruhnya sebanyak 765 obyek wisata. Kalau seminggu saja tidak cukup waktu mengelilingi obyek wisata yang ada,” kata Jarianto.

Kini Jawa Timur telah berbenah. Berbagai terobosan telah dilakukan untuk meningkatkan gairah wisataawn yang datang. Seperti jalur lintas selatan (JLS) yang telah rampung dan dapat difungsikan sebagai jalur yang menawan yang menawarkan obyek wisata dengan pemandangan pantainya yang indah. Pemandangan ini bisa disaksikan sepanjang JLS sejak dari Kabupaten Pacitan hingga Kabupaten Trenggalek.

Selain itu, situasi keamanan yang terjaga diyakini akan membawa dampak yang baik terhadap perkembangan ekonomi dan pariwisata di Jawa Timur. Bahkan baru-baru ini event pariwisata internasional terbesar di Jawa Timur dan Indonesia Timur telah sukses digelar tanpa halangan yang berarti. Yakni MTF (Majapahit Travel Fair) pada 8 hingga 11 Mei 2014 lalu. Disamping itu juga event lomba surving di Banyuwangi (Banyuwangi Surfing Competition) yang diikuti oleh surfer dari berbagai negara juga telah sukses digelar, dan masih banyak lagi kegiatan atau event wisata yang ada di Jawa Timur.

Dari data yang berjasil dihimpun melalui Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur menunjukkan Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Timur pada bulan Maret 2014 mengalami lonjakan dibanding Februari. Wisatawan bulan Maret 2014 mencapai 18.776 orang atau naik 13,96 persen dibanding jumlah wisman bulan Februari 2014 yang sebanyak 16.476 orang.

Sebagian besar wisatawan berasal dari Malaysia yang mencapai 4.237 orang atau naik 18,22 persen, diikuti kebangsaan Singapura 1.863 orang atau naik 3,56 persen, dan kebangsaan China sebanyak 1.311 orang atau naik 9,43 persen dibanding bulan Februari 2014.

Bertambahnya jumlah wisatawan ini memberikan angin segar terhadap jasa inap atau hotel yang ada. Seperti tingkat hunian kamar hotel berbintang di Jawa Timur yang ikut terkerek mengalami kenaikan. Pada bulan Maret 2014 tingkat hunian kamar hotel berbintang mencapai 48,21 persen atau naik 1,64 poin dibanding tingkat hunian bulan Februari 2014 yang mencapai 46,57 persen. Jadi tidak diragunakan lagi, potensi wisata Jawa Timur telah mendorong berbagai pihak untuk datang dan menikmati indahnya pesona wisata Jawa Timur. Tunggu apalagi , Let’s come to east java because east java is the best place for your holiday. (*/red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *