Bertandang ke Pusat Oleh – Oleh Khas Sidoarjo

Anda pernah  singgah atau bahkan jalan-jalan ke Sidoarjo? Ya, Sidoarjo menawarkan banyak jajanan dan kuliner sebagai buah tangan Anda ketika sedang berwisata atau melintasi daerah ini untuk menuju daerah tujuan wisata Anda.

Bila hendak melintas di daerah ini, jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh khas Sidoarjo yang berada di sepanjang jalan Mojopahit. Disini Anda akan mendapatkan berbagai makanan olahan baik ikan maupun kerupuk yang tak kalah menarik dan lezatnya dengan daerah lain.

Toko Mitra, adalah salah satu toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Sidoarjo sebagai buah tangan Anda tatkala sedang berekreasi. Toko ini menawarkan berbagai makanan olahan ikan dan kerupuk. Seperti bandeng asap, bandeng presto, otak-otak, kerupuh udang, udang ebi, lorjok,  dll. Tidak ketinggalan juga seafood yang masih segar, seperti kepiting.

Jalan mojopahit letaknya  tidak jauh dari pusat kota. Bila Anda sedang melintas dari Surabaya, Anda bisa keluar pintu tol sidoarjo dengan jarak kurang lebih 1 km ke arah selatan dari pintu tol Sidoarjo. Namun bila Anda melewati jalur protokol Surabaya-Sidoarjo, setelah alun-alun kota kurang lebih 1 kilo meter ke arah Selatan Anda sudah bisa menjumpai pusat oleh-oleh ini.

Eko, salah seorang penjual oleh-oleh khas Sidoarjo mengatakan,  untuk hari-hari libur banyak pembeli yang berdatangan khususnya dari wisatawan. Mereka biasanya datang dari berbagai kota di Indonesia. Seperti Kalimantan, Ambon, Sulawesi, Jakarta, Semarang, Jogja, dll. Harga yang ditawarkan juga berfariasi.

Namun biasnya pembeli sudah faham dan tidak ada proses tawar menawar. Seperti kerupuk udang misalnya, dibandrol dengan harga  50 sampai 70 ribu perkilonya. Bandeng asap, umumnya dibandrol dengan harga 30 – 40 ribu 1 – 2 kg per ekor (tergantung beratnya).Tak jelas kapan lokasi ini menjadi pusat oleh-oleh khas Sidoarjo. Yang pasti warga tiong hoa sebagai penjual ini sudah ada di daerah ini sejak puluhan tahun.

Lain toko Mitra, toko lainnya yang menjual oleh-oleh khas Sidoarjo adalah toko Tanjung, Toko Majapahit, dan masih ada lagi sederet toko-toko lainnya. Toko ini juga menawarkan oleh-oleh yang sama seperti toko Mitra. Seperti bandeng asap, krupuk udang, udang ebi, lorjok, kepiting, dll. Anda mau mencoba? Langsung aja datang ke Jalan Mojopahit Sidoarjo. (her)

One thought on “Bertandang ke Pusat Oleh – Oleh Khas Sidoarjo

  • 13 Juli 2014 pada 20:37
    Permalink

    Servis komputer / laptop panggilan khusus Surabaya dan sekitarnya ( Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Krian ). Hubungi: Brian – 03128869732, YM: skomnet

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *