Berdayakan UKM Menuju Akses Yang Lebih Luas

* Dari Gelar Pameran Produk Kreatif di Taman Candrawilwatikta

Indonesia memang sedang gencar-gencarnya membangun. Tak terkecuali sector usaha kecil menengah pun tak luput dari orientasi pembangunan. Kini masyarakat pelaku ekonomi kreatif atau UKM lebih banyak mendapatkan kesempatan dan akses pasar melalui berbagai instansi pemerintah yang konsern terhadap pengembangan ekonomi tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh UPT Pengembangan Ekonomi Kreatif Taman Candrawilwatikta Pandaan Pasuruan ini. Menjelang pagelaran sendratari yang akan dilaksanakan, UPT ini tidak lupa memberdayakan UKM melalui pameran yang dilaksanakan menyongsong dihelatnya pagelaran tersebut.

Seperti yang dituturkan oleh, Kepala Seksi Pengembangan SDM UPT Taman Candrawilwatikta, Bambang Triyoso. Ia mengatakan, dalam kaitan ini Taman Candrawilwatikta sebagai sentranya pengembangan ekonomi kreatif dan budaya di Jawa Timur tahap demi tahap mulai menapaki ke arah pengembangan yang lebih serius sehingga dapat benar-benar berfungsi optimal dan bermanfaat bagi masyarakat.

“ Kita mulai tahun 2011 baru diserahi kewenagan mengelola Taman Candra ini melalui Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Nah, ini setahap demi setahap akan kita fokuskan kearah sana yakni sebagai pusantnya pengembangan ekonomi kreatif dan kebudayaan yang ada di Jawa Timur. Lokasi kita sangat memadai dan mupmpuni untuk menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan yang berkenaan dengan pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

“ Untuk mengawali ini, kita mengajak beberapa UKM berpameran disini secara gratis, plus makannya pun kita yang menyediakan. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Probolinggo, Pasuruan, Bojonegoro, Mojokerto, dan Sidoarjo, ” lanjut Bambang. Sedangkan produk-produk yang disuguhkan dalam pameran tersebut seperti produk kerajinan kayu/wayang, tas rajut, boneka, batik, kuliner, peralatan camping, dll.

Bambang berharap, dengan tidak terlalu muluk ia mengatakan, kesempatan yang dihadiri banyak orang adalah peluang yang sangat tepat untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif atau UKM untuk bisa diakses pasar, sehingga produk mereka bisa dikenal.

“ Ya, layaknya sebuah keramaian kan  kondisi yang tepat untuk berjualan. Sehubungan dengan itu kami mengajak para pelaku UKM untuk mempromosikan dan berjualan produk mereka. Siapa tahu bisa terjadi hubungan ekonomi yang leih luas, tidak hanya transaksi disini saja, apalagi diliput media, baik media cetak maupun elektronik” ungkapnya dalam gelar pameran yang juga dimeriahkan dengan pertunjukan Bantengan ini. (man)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *