AWJ 2019 Antarkan Kampung Blekok Juara I

Jawa Timur memiliki kekhasan budaya dan daya tarik panorama alam tersendiri. Berbagai kekayaan budaya dan alam itu baru-baru ini unjuk gigi dalam ajang AWJ (Anugerah Wisata Jawa Timur) 2019 yang digelar di Hotel Haris Surabaya. Berbagai destinasi hadir menyapa calon wisatawan untuk berkunjung ke daerahnya. Sebut saja Kampung Blekok yang berada di Kabupaten Situbondo. Kampung Blekok adalah sebuah kawasan wisata yang menyuguhkan daya tarik alam dengan segala kekhasan yang dimilikinya.

 

Di sana masyarakat disuguhkan keanekaragaman hayati yang telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi yang dihuni oleh burung air jenis ardidae atau biasa disebut burung blekok oleh masyarakat sekitar. Dan saat yang tepat untuk berkunjung ke Kampung Blekok adalah pukul 05.00 pagi, saat burung-burung itu pergi mencari makan. Juga pukul 17.00 sore saat burung-buurung itu pulang ke sangkar yang merupakan pemandangan dan keasyikan tersendiri menyaksikan riuh dan uniknya sekelompok burung air yang berada di hutan mangrove tersebut.

 

Selain Kampung Blekok juga ada Pulau Gili Labak Sumenep yang menyajikan nuansa teduh seakan berada disebuah daerah milik pribadi yang dihuni puluhan kepala keluarga saja. Di pulau ini praktis yang ditemukan adalah perairan karena dikelilingi laut dari sudut mana saja yang seakan berada ditengah lautan. Hanya ditempuh dengan jalan kaki saja sudah dapat menjangkau arah sebaiknya dimana kita berada. Teduh, asri, dan segar dengan suasana pantai itulah yang terasa bila Anda berada di pulau ini.

 

Tidak ketinggalan pula Reyog Ponorogo yang juga masuk dalam nominasi peraih anugerah wisata Jawa Timur tahun ini. Reyog Ponorogo merupakan daya tarik budaya yang telah mendunia yang dimiliki Jawa Timur diantara seabrek seni dan budaya lainnya. Budaya yang sempat diklaim milik negara jiran Malaysia ini memang pantas menjadi nominasi dalam ajang anugerah wisata tahun ini. Disamping kiprahnya yang sudah mendunia juga keberadaannya yang selalu terjaga.

 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansah dalam kesempatan ini menyampaikan sambutannya pihaknya beserta pemerintah pusat akan terus berkomitmen membangun infrastruktur agar destinasi wisata dapat dijangkau atau diakses dengan baik oleh segala lapisan masyarakat terutama wisatawan asing.

 

Karena itu pula pihaknya bahkan sudah berkoordinasi secara khusus kepada pihak terkait untuk tetap menjalankan misi perbaikan infrastruktur ini. Begitu pula dengan kelestarian destinasi, ia juga berharap masyarakat mampu melestarikan destinasi yang ada agar tetap terjaga. Karena sangat sayang pula bila infrastruktur telah ditata dengan baik namun destinasinya kurang terjaga.

 

“Saya sudah sampaikan kepada Ibu menteri lingkungan hidup dan kehutanan sebagai pengelola TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) bahwa perlu ada perbaikan infrastruktur ketika masyarakat ingin menikmati indahnya sunrice seringkali kesulitan berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan khusus yang ada di sana. Ini yang menjadi perhatian kita semua”, ungkap Khofifah.

 

Sejalan dengan itu pula Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Sinarto SKar, MM mengatakan, bahwa pemerintah provinsi Jawa Timur bangga terhadap kabupaten/kota yang telah berusaha dan bersedia membangun atau memiliki komitmen terhadap sektor pariwisata di daerahnya. Karena itu pula sebagai wujud apresiasi terhadap hal tersebut pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang dinilai telah memiliki kepedulian terhadap sektor pariwisatanya.

 

Berikut beberapa peraih penghargaan dalam anugerah wisata Jawa Timur 2019 yang diadakan di Surabaya 6 Desember 2019. Mereka adalah :

Kategori Daya tarik wisata alam diraih oleh :

  1. Ekowisata Kampung Blekok Situbondo
  2. Pulau Gili Labak Sumenep
  3. Bukit Sentono Gentong Pacitan

 

Kategori Wisata Budaya, diraih oleh :

 

  1. Wisata Budaya Desa Adat Osing Kemiren Banyuwangi
  2. Reyog Ponorogo dari Kabupaten Ponorogo
  3. Desa Wisata Waturejo Ngantang Kabupaten Malang

 

Dan Kategori Wisata Buatan diraih oleh :

 

  1. Pemandian Selecta Kota Batu
  2. Taman Srambang Park Kabupaten Ngawi
  3. Desa Wisata Durensari Sawahan Kabupaten Trenggalek

 

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan lima penghargaan terhadap kabupaten/kota yang memiliki komitmen tinggi terhadap kepariwisataan daerahnya. Mereka adalah Kabupaten Banyuwangi, Kab. Lamongan, Kab. Lumajang, Kab. Malang dan Kota Probolinggo. Dan masih banyak lagi penghargaan lainnya yang diberikan terhadap insan-insan pariwisata, budayawan, juga anak-anak muda pelaku atau pegiat pariwisata lainnya. (her)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *