Argo Wisata Tambak Kusuma Tirta, Lahir Untuk Melestarikan Ekosistem

Anda ingin mencari tempat bersantai untuk keluarga, bertemu dengn kolega bisnis atau acara kantor? Ya, kini Anda tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan tempat yang represnttif, terjangkau juga nyaman. Karen tempat tersebut sudah ada di depan mata. Ya, tempat itu adalah Kusuma Tirta Minapolitan. Sebuah tempat yang nyaman dengan semilir angin khas daerah petambakan yang bersih dan sejuk.

Berada di Desa Kedung Peluk Candi Sidoarjo tempat ini menyedikan sebuh wahana yang dapat dijdikan sebagai media refreshing melepas penat seperti memancing, sepeda air, wisata perahu, dll. Juga tak keitngalan untuk acara kantor atau meeting pun tersedia rungan ber AC ditemani dengan kelezatan kulinari yang menyehatkan dengan banyak pilihan menu seperti ikan bakar, udang, bandeng, gurami, dll.

fliying fox di kusuma tirta/ft ; blogspot
fliying fox di kusuma tirta/ft ; blogspot

Kusuma Tirta juga dilengkapi dengan wahana permainan yang menantang seperti flying fox dan outbond seru. Di areal seluas 6 hektar itu Anda dapat dengan leluasa menikmati wahana tanpa bingung mencari tempat parkir untuk kendaraan Anda. Disana sangat memadai untuk parkir  dengan keamanan yang selalu terjaga. “Kami memberikan servis yang selalu kami jaga,” tutur penanggung jawab atau Direktur Kusuma Tirta Irianto, SH.

Tak tanggung-tanggung tempat ini pun mendapat peringkat ke tiga dalam penganugerahan wisata Jawa Timur (AWJ) Tahun 2013 lalu. Kawasan ini adalah sebuah rintisan dari H. Subarman pria asal Gunung Kidul Jogjakarta yang sekaligus owner dengan membidani kawasan ini dari sebelumnya berupa tambak hingga menjadi sebuah kawasan  wisata yang layak dikunjungi. Bahkan kedepan satu “pulau” di kawasan ini akan diproyeksikan menjadi sentral daya tarik di kawasan tersebut.

Sementra itu Irinto juga mengatakan konsepnya akan tetap menjadi kawasan eco tourism. Yakni sebuah kawasan wisata  yang tetap memperhatikan kelestarian alamnya tanpa merubah asal usul kawasan tersebut. “Konsep kami adalam pelestarian ekosistem. Yang dulunya tambak, kami pelihara dengan tetap menjadi tambak, tidak kami desain menjadi tempat lain yang merubah ekosistem. Petak-petak tambak yang dulu ada kami biarkan apa adanya hanya memperbaiki jalannya saja yang lumayan  lebar. Ini adalah keinginan dari Pak H. Subarman selaku owner dan saya hanya melaksanakannya saja,” lanjut Irianto seraya menunjuk petak-petak tambak yang ada di sekitarnya.

Untuk diketahui, Kusuma Tirta dibuka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Yakni hanya 2000 hingga 5000 rupiah saja per orang untuk hari-hari tertentu (libur nasional) dan hari Minggu.

Untuk menuju ke tempat ini juga sangat mudah dijangkau. Bila Anda dari arah Surabaya Anda bisa lewat lingkar timur Sidoarjo cukup dengan mengikuti jalan lurus saja dan sebelum SPBU Candi Anda bisa belok kiri dan ke kiri lagi lurus hingga ujung jalan. Dan disitu Anda akan sampai. Karena di ujung tersebut sudah Anda dapatkan Gapura pintu masuk Kusuma Tirta. Anda juga bisa lewat Sidoarjo kota, sebelum polsek Candi (traffic light) Anda bisa belok kiri dan akan menemui SPBU yang sama. Setelah SPBU Anda bisa belok kanan dan akan menemukan jalan serupa.

Bila Anda dari arah Malang atau selatan juga sama, polsek Candi Anda ke kanan dan akan menemui SPBU yang sama kemudian Anda ikuti seperti arah diatas. Anda telah sampai di Kusuma Tirta. Selamat berwisata. (her)

3 thoughts on “Argo Wisata Tambak Kusuma Tirta, Lahir Untuk Melestarikan Ekosistem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *