Ajang Pemberdayaan Raka-Raki, Wujud Kepedulian Duta Wisata Pada ODTW

Jawa Timur selalu mengembangkan sayap promosi pariwisatanya. Salah satunya adalah dengan memberdayakan duta wisata raka-raki Jawa Timur. Baru-baru ini duta wisata raka-raki Jawa Timur melakukan promosi pariwisata dan persahabatan didahapan  para pejabat, stakeholder serta pengusaha industri pariwisata di provinsi Jawa Barat.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel Malaka Palasari Bandung Jawa Barat tersebut juga hadir  jajaka dan mojang Jawa Barat untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan bangsa terutama antar duta wisata. Dalam kesempatan itu raka-raki Jawa Timur unjuk kebolehan dengan melakukan dialog interaktif dan presentasi pariwisata Jawa Timur kepada para undangan, pejabat dan stakeholder kepariwisataan. Mereka mempromosikan pariwisata Jawa Timur yang memiliki 767 obyek daya tarik wisata (ODTW). Juga menyuguhkan tari-tarian Jawa Timur serta kunjungan ke tempat wisata di Jawa Barat.

Dengan kegiatan ini diharapkan duta wisata Jawa Timur  memiliki pengalaman baru mengenai kepariwisataan dan juga semakin menambah wawasan mereka. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program lanjutan  dari pemilihan duta wisata raka raki Jawa Timur Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

” Melalui kegiatan ini diharapkan para pemenang Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2015 dapat memberikan sumbangsih karyanya secara langsung dengan menampilkan kreasi seni budaya serta mempresentasikan destinasi wisata Jawa Timur kepada kepada bapak, ibu dan undangan sekalian,” ujar Dr. H. Jarianto, MSi.

Selain berdialog dengan kalangan pejabat dan stakeholder Jawa Barat, Duta Wisata Jawa Timur juga melakukan kunjungan atau studi banding ke lokasi wisata Jawa Barat ke Pantai Batu Hiu Green Canyon serta menyaksikan pertunjukan angklung “Saung Baung”.

Senada dengan Kadisbudpar Jatim Kepala Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Pariwisata (PSDP) Disbudpar Jatim, Dra. Rosmiaty, MM mengtakan, kegiatan karya duta wisata tersebut merupakan program yang telah lama dilakukan dari tahun ke tahun. Hal ini selain untuk memberdayakan para duta wisata raka-raki agar tidak saja hebat di cat walk juga memiliki kapasitas yang dapat mewakili  pemerintah (dinas pariwisata) sebagai wakil pemerintah menginformasikan atau mempromosikan daerah tujuan wisata agar lebih dikenal. Selain itu juga untuk meyakinkan masyarakat bahwasanya daerah ODTW tersebut layak dikunjungi. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *