AABI Juarai Lomba Mancing Disbudar Jatim 2016 di Situbondo

Memancing telah menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Terlebih kegiatan ini belum pernah dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalaminya. Pasti mendebarkan. Apalagi memancing di laut, sangat menantang dan tangkapan biasanya akan lebih fantastis. Indonesia kaya akan potensi alamnya. Mulai dari pertambangan, pertanian, perikanan, dll. Potensi-potensi alam itu juga memiliki daya tarik pariwisata. Seperti laut atau pantai misalnya yang memiliki daya tarik wisata. Karena ikan-ikannya yang dapat dijadikan sebagai obyek wisata memancing.

Karena itu baru-baru ini Dinas Kebudayaan dan pariwisata Jawa Timur bermaksud mengalakkan wisata memancing tersebut melalui lomba memencing yang diadakan di pantai pasir putih Situbondo. Kegiatan tersebut menurut Kepala Bidan Pengembangan Produk Pariwisata (PPP) Drs. Handoyo, MPd mengatakan dimaksudkan untuk meramaikan wisata alam pantai juga sekaligus wisata memancing yang sangat menarik dan menyenangkan. “Kita memiliki banyak potensi alam, seperti hasil laut misalnya, ini juga bisa menjadi daya tarik wisata selain menikmati keindahan pantai itu sendiri”, terang Handoyo.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Dr. H. Jarianto, MSi mengatakan, kegiatan yang sangat menarik ini hendaknya dijadikan sebagai kegiatan atau event tahunan menginggat dampak pariwisata yang begitu berpihak langsung kepada masyarakat. “Melalui event ini saya berharap hendaknya kegiatan ini dijadikan sebagai event tahunan karena pariwisata sangat erat dengan kesejahteraan masyarakat”, terang Jarianto.

Dalam event itu diikuti sebanyak 31 klub mancing se-Jawa Timur dengan masing-masing klub berjumlah 5-7 orang. Layaknya sebuah kompetisi, dalam kegiatan ini juga ada pemenang dan ada juga yang masih belum beruntung alias kalah. Itu dinilai dari bobot ikan yang diperoleh. Keluar sebagai juara pertama adalah AABI (agus-agus bersaudara) Indonesia dari Banyuwangi dengan berat tangkapan 5,94 kg jenis ikan putihan. Juara 2 Renganis fishing club Situbondo dengan berat tangkapan 5,26 kg jenis ikan putihan, sedangkan juara 3 diraih oleh  Suka Sama Suka (SMS) Fishing club Surabaya dengan berat tangkapan 4, 28 kg juga dengan jenis ikan yang sama, putihan. Masing-masing peserta mendaatkan uang pembinaan dan piagam keikutsertaan lomba.

 

Seperti diketahui, pantai Pasir Putih Situbondo adalah pantai yang memiliki daya tarik tersendiri. Pantai Pasir Putih di Situbondo memiliki topografi unik dengan bentuknya yang melengkung ke arah laut. Pada arah utara dari pantai ini, terhampar laut biru Selat Madura. Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu dari sejumlah pantai di Jawa Timur yang populer di kalangan penikmat perjalanan. Secara administratif, Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Dengan bentuknya yang melengkung serta hutan kehijauan di tepian, pantai ini menyuguhkan sebuah lanskap indah. Pasir di pantai ini terbilang putih dan bersih. Dengan relief pantai yang landai, ombak laut terasa sungguh kecil. Belum lagi ditambah dengan beningnya air laut yang memperlihatkan Anda formasi terumbu karang serta biota laut yang ada di dalamnya.

 

Mengingat lokasinya yang strategis di Jawa Timur, Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu destinasi yang ramai dikunjungi, terlebih ketika musim libur tiba. Di antara wisatawan yang hendak pergi ke Bali dari Surabaya, atau ke Gunung Bromo jika dari Banyuwangi, sebagian besar dari mereka berhenti untuk melepas lelah dan bersantai menikmati pesona pantai ini. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan wisata Pantai Pasir Putih Situbondo, mulai dari berenang, berkano, berlayar, memancing, cross ATV, hingga menyelam (snorkel). Tetapi sebelum masuk, Anda perlu membayar tiket masuk Pantai Pasir Putih sebesar Rp 6 ribu per orang , belum termasuk parkir kendaraan.

Selain itu, kegiatan yang disukai banyak wisatawan di Pantai Pasir Putih Situbondo adalah berlayar dengan perahu, menyusuri kawasan sekitar pantai sembari mengeksplorasi panoramanya yang mengasyikkan. Karena air lautnya yang jernih dan bening, Anda dapat menikmati suguhan alam bawah lautnya yang indah, dari karang hingga biota laut lainnya. Perahu-perahu sewaan ini dilengkapi dengan kotak kaca, dengan demikian Anda dapat melihat ke bawah laut. Perahu layar adalah pula ciri khas Pantai Pasir Putih di Situbondo. Di kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo juga sering diselenggarakan aneka hiburan maupun lomba, seperti konser musik, lomba memancing, lomba selancar, dan lomba perahu nelayan. Dukungan infrastruktur di kawasan wisata Pantai Pasir Putih terbilang lengkap. Mulai dari mushala dan kamar mandi, sejumlah bangku beton yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sembari menikmati kuliner yang dijajakan di sekitar pantai, tersedia di sana. (her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *